Kisah Utsman bin Affan, Khulafaur Rasyidin Pemilik Dua Cahaya
04 Juli 2024

BAITULLAH.CO.ID – Di zaman pemerintahan Khalifah Utsman bin Affan, sebuah kisah terkenal beredar di antara penduduk Madinah. Utsman, yang dikenal sebagai salah satu dari Khulafaur Rasyidin, dipandang sebagai pemimpin yang lembut hati dan adil. Namun, di balik sifat lembutnya, ada kekuatan yang mendalam dan kebijaksanaan yang membuatnya dihormati oleh seluruh umat Muslim.

Baca Juga: Jemaah! Berikut Tips Memilih Makanan Enak Saat Umrah di Kota Mekkah

Salah satu cerita yang paling diingat tentang Utsman adalah tentang "Pemilik Dua Cahaya". Seorang sahabat bernama Anas bin Malik pernah menceritakan peristiwa menakjubkan yang melibatkan Utsman dan istrinya, Ruqayyah binti Rasulullah.

Suatu hari, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam datang kepada Utsman bin Affan dan memberitahunya bahwa Utsman akan menikahi salah satu dari dua putrinya. Utsman, yang penuh dengan kebaktian kepada Allah dan kasih sayang kepada Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam, sangat bahagia dengan kabar itu.

Utsman bin Affan lantas memutuskan untuk menikahi Ruqayyah binti Rasulullah. Mereka hidup bahagia dan saling mencintai. Namun, kebahagiaan mereka harus diuji ketika Khalifah Umar bin Khattab meminta Utsman bin Affan berangkat ke kota Madinah.

Utsman bin Affan sangat merindukan istrinya, tetapi dia yakin bahwa itu adalah perintah Allah SWT. Oleh karena itu, dia berangkat ke Madinah.

Baca Juga: Mengenal Burok Kendaraan Rasulullah SAW Saat Isra Mi'raj

Sumber