Wajib Bagi Para Jamaah Membawa Perlengkapan ini Pada Saat Umroh!
11 Oktober 2023

Baitullah - Untuk melaksanakan ibadah umroh, tentu saja kita perlu mempersiapkan perlengkapan yang matang, agar ibadah umroh kita berjalan dengan baik dan lancar. Selain karena waktunya yang cukup lama, umroh ini sering disebut sebagai haji kecil. Maka dari itu penting banget untuk kita mempersiapakan barang yang akan dibawa.

Berikut 5 perlengkapan umroh yang harus dibawa:

1. Dokumen penting

Pastikan kita membawa dokumen penting, seperti KTP, Paspor, Visa, dan bukti vaksin. Jangan lupa untuk mempersiapkan fotocopy atau Salinan dari dokumen kita, untuk berjaga-jaga disana.

Biasanya, untuk tiket pesawat, tanda terima pemesanan hotel, dan bukti pembayaran lainnya, sudah diurus dan disimpan baik oleh pihak travel, jadi kita tidak perlu khawatir.

2. Al-Quran, Buku Doa, dan Buku Panduan

Jangan lupa untuk membawa Al-Quran ataupun Buku Doa, bisa dibaca pada saat sedang dalam perjalanan seperti dalam pesawat atau bus menuju tempat di tanah suci. Biasanya pihak travel memberikan buku panduan kepada jamaah untuk arahan yang sesuai dengan peraturan yang sudah dibuat.

3. Koper dan Tas

Pastikan koper yang dibawa ialah koper yang aman dan ukurannya bisa memuat barang penting dan barang berat lainnya. Selain koper persiapkan juga tas slempang, untuk membawa barang-barang pribadi seperti dompet, handphone, dokumen penting dan yang lainnya. Tas slempang ini memudahkan kita untuk mengambil barang penting tanpa harus membuka koper terlebih dahulu.

4. Obat-obatan

Jangan lupa untuk membawa obat-obatan pribadi jika memiliki riwayat penyakit khusus. Tidak hanya itu, kita juga perlu mempersiapkan Vitamin untuk mempertahankan imun tubuh kita disana, karena kegiatan yang cukup padat selama berhari-hari.

5. Alat Elektronik

Dimana dan kapanpun kita tidak pernah lupa dengan alat elektronik yang satu ini yaitu handphone. Tidak hanya handphone, tetapi kita juga butuh mempersiapkan alat elektronik yang lainnya, apalagi untuk perjalanan jauh dengan waktu yang cukup lama. Persiapkanlah power bank, chargeran dan adaptor, biasanay hotel-hotel dimakkah adaptornya berbeda dengan di Indonesia.

Pastikan membeli kartu SIM dan provider internet yang bisa digunakan di Tanah Suci. Hal penting lainnya adalah jangan lupa untuk meminta nomor para jamaah lainnya, seperti teman sekamar atau jamaah travel, karena jika terjadi sesuatu maka akan lebih mudah untuk menghubunginya.

Sumber