Doa Nabi Daud untuk Meluluhkan Hati yang Keras
12 Juli 2024
BAITULLAH.CO.ID – Dalam tradisi Islam, doa memiliki peranan penting sebagai bentuk komunikasi antara hamba dengan Allah SWT. Salah satu doa yang sering dibahas dalam konteks hubungan antar manusia adalah doa Nabi Daud AS untuk meluluhkan hati yang keras. Semasa hidupnya, Nabi Daud AS dikenal memiliki doa-doa yang mustajab, termasuk doa untuk meluluhkan hati seseorang. Allah SWT memerintahkan umat-Nya untuk selalu berdoa, seperti yang tertulis dalam Al-Qur'an surah Gafir ayat 60:

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُوْنِيْٓ اَسْتَجِبْ لَكُمْ ۗاِنَّ الَّذِيْنَ يَسْتَكْبِرُوْنَ عَنْ عِبَادَتِيْ سَيَدْخُلُوْنَ جَهَنَّمَ دَاخِرِيْنَ

Artinya: Tuhanmu berfirman, "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu (apa yang kamu harapkan). Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri tidak mau beribadah kepada-Ku akan masuk (neraka) Jahanam dalam keadaan hina dina."

Baca Juga: Bagaimana Hukum Membaca Surat Yasin di Kuburan?

Rasulullah SAW juga menegaskan pentingnya berdoa dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ubbadah bin Ash-Shamit:

"Tidak ada seorang muslim pun di dunia ini yang berdoa kepada Allah dengan suatu permohonan, kecuali Allah akan memberikan permohonan itu atau menggantinya dengan perlindungan dari sesuatu yang tidak diinginkan, selama dia tidak berdoa dengan dosa atau memutuskan hubungan silaturahmi." (HR Tirmidzi)
 

Doa Nabi Daud untuk Meluluhkan Hati

Di dalam Al-Qur'an, terdapat ayat yang mengisyaratkan tentang doa Nabi Daud AS yang memiliki kekuatan untuk meluluhkan hati yang keras. Doa ini terdapat dalam Surah Saba' ayat 10:

وَلَقَدْ اٰتَيْنَا دَاوٗدَ مِنَّا فَضْلًاۗ يٰجِبَالُ اَوِّبِيْ مَعَهٗ وَالطَّيْرَۚ وَاَلَنَّا لَهُ الْحَدِيْدَۙ

Artinya: Sungguh, benar-benar telah Kami anugerahkan kepada Daud karunia dari Kami. (Kami berfirman), "Wahai gunung-gunung dan burung-burung, bertasbihlah berulang kali bersama Daud!" Kami telah melunakkan besi untuknya.
 
Menurut buku "Setiap Doa Pasti Allah Kabulkan" karya Abu Ezza, berikut adalah doa Nabi Daud untuk meluluhkan hati seseorang:

اَللَّهُمَّ لَيِّنْ لِيْ قَلْبَهُ لَيِّنْتَ لِدَاوُدَالْحَدِيْد

Allahumma laiyinli qalbahu, laiyinta li Daudal hadid

Artinya: "Ya Allah, lembutkanlah hatinya sebagaimana Engkau melembutkan besi untuk Daud."
 
Doa lainnya yang juga dapat diamalkan adalah:

اللَّهُمَّ إِنَّكَ أَنْتَ الْعَزِيْزُ الْكَبِيْرُ وَأَنَا عَبْدُكَ الضَّعِيْفُ الذَّلِيْلُ الَّذِيْ لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِكَ، اللَّهُمَّ سَخِّرْ لِيْ كَمَا سَخَّرْتَ فِرْعَوْنَ لِمُوْسَى وَلَيِّنْ لِيْ قَلْبَهُ كَمَا لَيَّنْتَ الْحَدِيْدَ لِدَاوُدَ فَإِنَّهُ لَا يَنْطِقُ إِلَّا بِإِذْنِكَ نَاصِيَتُهُ فِيْ قَبْضَتِكَ وَقَلْبُهُ فِيْ يَدِكَ جَلَّ ثَناَءُ وَجْهِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Allaahumma innaka antal azizul kabir. Wa anaa abduka adhdhoiifudzdzaliil. Alladzii laa haula wa laa quwwata illaa bika. Allaahumma sakhkhir lii ... (sebut nama orang dimaksud) kama sakhkhorta firauna li musa. Wa layyin li qolbahuu kama layyantalhadiida li dawuda. Fa innahu la yantiqu illa bi idznika. Nashiyatuhuu fii qobdhatika. Wa qolbuhuu fi yadiKka. Jalla tsanau wajhik. ya arkhamar rakhimiin.

Artinya: "Ya Allah, sungguh Engkau Maha Mulia Maha Besar. Sedangkan aku hamba-Mu yang sangat hina dina. Tiada upaya dan kekuatan keculi karena Engkau. Ya Allah, tundukkanlah... (sebut nama orang yang dimaksud) padaku, sebagaimana Engkau telah menundukkan Fir'aun pada Musa AS. Dan luluhkan hatinya untukku, sebagaimana Engkau telah meluluhkan besi untuk Daud AD. Karena sungguh dia takkan berbicara kecuali dengan izin-Mu. Ubu-ubunnya dalam genggaman-Mu, dan hatinya di tangan-Mu. Pujian wajah-Mu telah Agung, wahai yang lebih sayang para penyayang."
 
Terdapat juga doa dari Nabi Daud AS yang memohon kesabaran, seperti yang terdapat dalam Al-Qur'an Surah Al-Baqarah ayat 250:

وَلَمَّا بَرَزُوْا لِجَالُوْتَ وَجُنُوْدِهٖ قَالُوْا رَبَّنَآ اَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَّثَبِّتْ اَقْدَامَنَا وَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ ۗ

Artinya: "Ketika mereka maju melawan Jalut dan bala tentaranya, mereka berdoa, 'Ya Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran kepada kami, kukuhkanlah langkah kami, dan menangkanlah kami atas kaum yang kafir."
 
Bacaan doanya secara terpisah:

رَبَّنَآ اَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَّثَبِّتْ اَقْدَامَنَا وَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ

Rabbanā afrig 'alainā ṣabraw-wa ṡabbit aqdāmanā wanṣurnā 'alal-qaumil-kāfirīn

Artinya: "Ya Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran kepada kami, kukuhkanlah langkah kami, dan menangkanlah kami atas kaum yang kafir."

Baca Juga: Dahsyatnya Istighfar Menurut Hadits dan Al-Qur'an
 
Doa-doa dari Nabi Daud AS yang dijelaskan di atas adalah beberapa doa yang dapat diamalkan oleh umat Islam untuk meluluhkan hati seseorang atau memohon kesabaran. Meskipun tidak ada doa spesifik dari Nabi Daud yang disebutkan dalam Al-Qur'an untuk meluluhkan hati seseorang, doa-doa ini tetap relevan dan bermanfaat dalam membangun hubungan yang baik antar manusia. Selain berdoa, usaha nyata dan perbuatan baik juga penting dalam memperbaiki hubungan dan meluluhkan hati orang lain.
Sumber
Detikhikmah