Umat Muslim Wajib Mengetahui Makna dari Rukun Islam, Berikut Penjelasannya!
13 Oktober 2023

Baitullah - Rukun Islam wajib diketahui oleh seluruh umat muslim yang beriman. Salah satu sebagai syarat sah menjadi seorang muslim yaitu mengamalkan 5 Rukun Islam. Beda halnya dengan Rukun Iman, Rukun Islam adalah suatu amalan atau perbuatan berbentuk fisik (Pondasi). Sedangkan Rukun Iman adalah keyakinan di dalam hati (pedoman).

Rukun Islam terdiri dari 5 perkara yang menjadi syarat utama untuk menjadi seorang muslim yang sempurna. Kelima perkara ini yaitu terdiri dari Syahadat, Shalat, Zakat, Puasa dan Naik Haji bagi yang mampu.

“Islam dibangun di atas lima perkara: persaksian bahwa tiada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan salat, menunaikan zakat, pergi haji, dan puasa di bulan Ramadhan”. (HR Al Bukhari dan Muslim)

Untuk lebih memahami urutan dan makna dari Rukun Islam. Berikut penjelasannya

Urutan Lima Perkara Rukun Islam :

1. Membaca Kalimat Syahadat

Syahadat atau kesaksian adalah salah satu perkara dalam rukun islam, yang dilakukan sebelum masuk islam. Ada dua jenis syahadat yaitu syahadat tauhid dan syahadat rasul. Keduanya berisi kesaksian dan meyakini dari hati bahwa tiada tuhan selain Allah SWT dan Nabi Muhammad utusan Allah SWT. Adapun lafadz dari syahadat sebagai berikut :

شْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ

Artinya : “ Aku bersaksi tiada Tuhan selain Allah dan Aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad utusan Allah”

Dengan mengucapkan dua kalimat syahadat maka orang tersebut sudah yakin dan dengan hati yang Ikhlas untuk memeluk agama islam, serta menjalankan syariat yang diwajibakan.

2. Mengerjakan Shalat

Rukun Islam yang kedua adalah shalat. Shalat ini menjadi kewajiban setiap umat muslim di seluruh penjuru dunia. Shalat sendiri terbagi menjadi dua bagian yaitu, shalat fardhu dan shalat sunnah. Shalat fardhu tentunya dikerjakan dengan waktu yang sudah ditentukan.

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), salat adalah ibadah yang harus dilakukan oleh muslim dengan syarat, rukun, dan bacaan tertentu dimulai dari takbir dan diakhiri dengan salam. Seorang muslim mengerjakan shalat fardhu 5 waktu dalam sehari sebanyak 17 rakaat.

Baca Juga : Ingin Umroh dan Haji? Begini Cara Menabung yang Bisa Dilakukan!

3. Membayar Zakat

Rukun Islam yang ketiga adalah zakat, sama seperti puasa umat muslim diwajibkan membayar zakat pada saat bulan Ramadhan yakni zakat fitrah. Membayar zakat fitrah ini sesuai dengan takaran yang sudah di tetapkan agar tidak memberatkan muzakki (wajib zakat), yang dimana zakat inipun untuk membantu sodara kita yang membutuhkan/menerima zakat (mustahik).

4. Melaksanakan Puasa

Rukun Islam yang ketiga adalah puasa, umat muslim diwajibkan melaksanakan puasa setiap tahunnya selama satu bulan penuh, yakni pada bulan Ramadhan. Pada saat berpuasa, kita menahan diri kita dari lapar dan dahaga. Tetapi tidak hanya itu, anggota tubuh kitapun ikut berpuasa dari hal-hal yang bisa mengurangi pahala kita. tidak lupa untuk menahan hawa nafsu dan amarah kita pada saat dibulan puasa.

5. Menunaikan Ibadah Haji Bagi yang Mampu

Pergi ke Tanah Suci adalah Impian semua umat muslim, bagi siapa yang mampu Rukun Islam ini menjadi wajib baginya. Mengapa bagi yang mampu saja? Karena untuk berangkat ke Tanah Suci ini memperlukan biaya yang tidak sedikit.
“Allah tidak memanggil orang-orang yang mampu tapi Allah memampukan orang-orang yang terpanggil untuk berkunjung ke Baitullah“

Sumber