Lakukan! 5 Syarat Agar Doa Terkabul
18 Oktober 2023

Baitullah - Setiap umat muslim pasti selalu mengangkatkan kedua tangannya, ketika selesai shalat. Berdoa dan meminta ampunan kepada Allah SWT, agar selalu diberi kemudahan dan kelancaran dalam segala urusannya. Sebagaimana Rasulullah juga menegaskan dalam haditsnya bahwa doa adalah perkara yang mulia di mata Allah SWT. Dalam riwayat lainnya, beliau juga bersabda,

سَلُوا اللَّهَ مِنْ فَضْلِهِ ، فَإِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ أَنْ يُسْأَلَ

Artinya: Mintalah kepada Allah, karena Dia suka diminta. Ibadah yang terbaik adalah menunggu saat salat wajib tiba. (HR Tirmidzi)

Dan Allah Berfriman

Allah SWT berfirman dalam surah Al Baqarah ayat 186,

وَاِذَا سَاَلَكَ عِبَادِيْ عَنِّيْ فَاِنِّيْ قَرِيْبٌ ۗ اُجِيْبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ اِذَا دَعَانِۙ فَلْيَسْتَجِيْبُوْا لِيْ وَلْيُؤْمِنُوْا بِيْ لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُوْنَ

Artinya: Apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Nabi Muhammad) tentang Aku, sesungguhnya Aku dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku. Maka, hendaklah mereka memenuhi (perintah)-Ku dan beriman kepada-Ku agar mereka selalu berada dalam kebenaran.

Adapun syarat agar doa kita dikabulkan, berikut penjelasannya :

1. Ikhlas

Berdoalah dengan hati yang Ikhlas, dengan sungguh-sungguh bahwa apa yang kita minta akan Allah kabulkan, jangan berprasangka buruk terhadap tuhan yang mengetahui apa yang kau inginkan.

Allah SWT berfirman  :

“ Maka sembahlah Allah dengan memurnikan ibadah kepada-Nya (Q.S Ghafir/40:14)

2. Tidak Berdoa Untuk Sesuatu yang Dosa atau Memutus Silaturahmi

Memintalah yang baik-baik kepada-Nya, jangan meminta hal yang tidak baik. Karena, Orang yang memutuskan tali silaturahmi tidak akan mendapatkan rahmat dari Allah, baik berupa kebaikan-kebaikan maupun pertolongannya, doa yang baik pasti akan kembali kepada diri yang mendoakannya.

Baca Juga : Barang yang Dilarang Dibawa Jemaah Haji dan Umroh

3. Hendaknya Makanan dan Pakaian Dari yang Halal dan Bagus

Agar doa kita dapat diterima oleh Allah swt, maka kita harus berusaha semaksimal mungkin agar makanan dan minuman yang dikonsumsi terjamin halal dan tayyib sebagai syarat diterimanya ibadah dan doa kita. Sebab dengan makanan, barang atau sesuatu yang haram dapat berakibat tidak diterimanya doa. Samakan dengan kita ketika hendak mau pergi keluar, menggunakan pakaian bagus dan rapih, begitupun pada ssat berdoa ketika kita menghadap kepada-Nya.

4. Hendaknya Berdoa Dengan Hati yang Khusyu dan Yakin Bahwa Doanya Pasti Dikabulkan

Kita optimis dalam berdoa maka doa yang kita panjatkan akan langsung didengar oleh Allah, selain itu kekhusyukan kita menjadi bertambah. Karena dengan sikap optimis tersebut, kita menjadi berpikir jika kita berdoa dengan kondisi yang kurang khusyuk maka doa kita tidak akan dikabulkan. Sertakan segala keluh kesah kita hanya kepada-Nya, tentunya dengan hati penuh harap bahwa kita akan aman jika bersama-Nya

5. Tidak Tergesa-gesa Dalam Menunggu Terkabulnya Doa

Teruslah berdoa hingga doa yang kita minta dikabulkan, jangan putus asa karna doa kita lama atau tidak dikabulkan. Karna bisa jadi Allah mengganti apa yang kita minta dengan sesuatu yang lebih baik lagi untuk kita, Allah mengetahui apa yang terbaik untuk kita dan yang tidak.