Ditipu Biro Perjalanan Umroh dan Haji? Berikut Tipsnya Agar Tidak Tertipu Lagi, Catat!
20 Oktober 2023

Baitullah – Ibadah Umroh dan Haji merupakan Ibadah yang diinginkan oleh seluruh Umat Muslim, untuk berkunjung ke Tanah Suci, siapa yang tidak mau? Tentu biaya yang dikeluarkan tidak sedikit bukan, maka dari itu banyak Masyarakat Indonesia yang menjadi pemicu penipuan oleh Biro Perjalanan karena harganya yang relatif murah.

Ada saja Biro Perjalanan Umroh dan Haji yang menawarkan Jamaah Umroh berangkat dengan harga murah, hingga jaminan berangkat Haji. Tentu hal ini sangat merugikan calon Jamaah yang sudah niat ingin beribadah ke Tanah Suci.

Lantas apa saja yang perlu diperhatikan oleh calon Jamaa Umroh dan Haji sebelum berangkat ke Tanah Suci, agar tidak tertipu oleh Biro Perjalanan?

Bendahara Umum Asosiasi Umroh dan Haji Kementerian Agama, Ali Umasugi, berbagai tips untuk calon Jamaah Umroh dan Haji agar tidak tertipu.

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah, Legalitas Biro Perjalanan.

“Ketika (calon jamah) mau daftar, kami kasih legalitasnya. Bisa cek di www.haji-kemenag.gi.id,” jelas Ali.

Dalam situsnya Kementerian Agama, calon Jemaah bisa mengecek Legalitas Biro Perjalanan yang menyadiakan Umroh dan Haji, atau Biro Perjalanan yang akan kita gunakan. Jika Biro Perjalanan tidak muncul pada situs Kementerian Agama, sudah jelas mereka tidak memiliki izin.

"Pastikan (jadwal) penerbangannya. Itu mesti PP (pergi pulang) ya, penginapannya, dan transportasi (selama umrah dan haji)," lanjut Ali.

Salah satu kasus penipuan calon Jemaah Umroh dan Haji yang sering terjadi adalah tidak disediakannya tiket pulang ke Tanah Air. Sering terjadi juga kejadian pelantaran Jemaah Umroh dan Haji di Tanah Suci.

Hal kedua yang harus diperhatikan adalah, Rekomendasi Biro Perjalanan dari Kerabat atau Kelaurga yang sudah Berangkat Umroh atau Haji

"Lihat dulu (biro perjalanannya), sudah pernah gagal belum berangkatkan jemaah. Dari sana itu bisa lihat reputasinya," tambahnya.

Baca Juga : Ilmuan Jelaskan Penyebab Air Zam-Zam Tidak Pernah Mengering, Simak Penjelasannya!

Baitullah merupakan Aplikasi yang menyediakan paket Umroh, Umroh Plus, Haji Khusus dan Wisata halal dari berbagai Travel yang sudah Bersertifikat, Terpercaya dan Bekerjasama dengan kami. Travel beserta paket hadir dalam satu platform yang akan memudahkan umat muslim di seluruh Indonesia untuk beribadah.