Ayat dan Hadits Tentang Kemerdekaan serta Cinta Tanah Air
16 Agustus 2024
BAITULLAH.CO.ID – Kemerdekaan adalah anugerah besar dari Allah SWT yang harus disyukuri oleh setiap umat. Sebagai bangsa yang merdeka, kita memiliki hak untuk hidup, bekerja, dan beribadah dengan aman di tanah air kita sendiri. Dalam Islam, cinta kepada tanah air dan kemerdekaan bukanlah hal yang asing, melainkan merupakan bagian dari nilai-nilai yang dianjurkan. Bahkan para ulama berpendapat bahwa cinta tanah air adalah sebagian dari iman.

Baca Juga: Larangan di Bulan Safar dalam Padangan Islam, Begini Penjelasannya
 

Ayat-Ayat Al-Qur'an tentang Kemerdekaan dan Cinta Tanah Air

Dikutip dari situs Kemenag, dalil pertama tentang kemerdekaan dan cinta tanah yaitu bersumber dari Al-Qur'an. Beberapa ayat yang menerangkan hal ini antara lain sebagai berikut:
 
1. Surat Al-Isra Ayat 70
Dalam Al-Qur'an surat al-Isra ayat 70 dijelaskan bahwa setiap manusia berhak hidup mulia.

وَلَقَدْ كَرَّمْنَا بَنِىٓ ءَادَمَ وَحَمَلْنَٰهُمْ فِى ٱلْبَرِّ وَٱلْبَحْرِ وَرَزَقْنَٰهُم مِّنَ ٱلطَّيِّبَٰتِ وَفَضَّلْنَٰهُمْ عَلَىٰ كَثِيرٍ مِّمَّنْ خَلَقْنَا تَفْضِيلًا
Artinya: "Dan sesungguhnya telah Kami muliakan anak-anak Adam, Kami angkut mereka di daratan dan di lautan, Kami beri mereka rezeki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Kami ciptakan."
 
Untuk mencapai kemuliaan ini, lslam menjamin kehidupan adil, aman secara jasmani dan rohani, serta merdeka dari penindasan.
 
2. Surat Al-Mumtahanah Ayat 8
Disampaikan oleh Prof Dr Quraish Shihab, mencintai tanah air sama kedudukannya dengan membela agama. Hal ini sesuai dengan Al-Quran surat Al Mumtahanah ayat 8 yang bunyinya:

لَا يَنْهَاكُمُ اللَّهُ عَنِ الَّذِينَ لَمْ يُقَاتِلُوكُمْ فِي الدِّينِ وَلَمْ يُخْرِجُوكُمْ مِنْ دِيَارِكُمْ أَنْ تَبَرُّوهُمْ وَتُقْسِطُوا إِلَيْهِمْ ۚ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُقْسِطِينَ
Artinya: "Allah tidak melarang kamu untuk berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tiada memerangimu karena agama dan tidak (pula) mengusir kamu dari negerimu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlaku adil."
 
Untuk itu, para ulama menyerukan kewajiban umat Islam untuk mengikuti jihad fi sabilillah melawan penjajah dan menegakkan kedaulatan dan kemerdekaan Indonesia.
 

Hadits tentang Cinta Tanah Air

Selain Al-Qur'an, terdapat beberapa hadits yang menunjukkan pentingnya cinta tanah air:
 
1. Hadits tentang Hijrah
Ketika Rasulullah SAW hijrah dari Mekkah ke Madinah, beliau sangat mencintai tanah kelahirannya, Mekkah. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh At-Tirmidzi, Rasulullah SAW bersabda saat akan meninggalkan Mekkah:

"Demi Allah, engkau adalah sebaik-baik bumi Allah, dan bumi yang paling dicintai Allah. Kalau bukan karena aku diusir darimu, aku tidak akan pernah keluar darimu.”
 
Ini menunjukkan betapa besar cinta Rasulullah SAW terhadap tanah airnya.
 
2. Hadits tentang Bela Negara
Rasulullah SAW juga mengajarkan pentingnya membela tanah air dan mempertahankannya dari ancaman. Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik, Rasulullah SAW bersabda:

"Tidak ada satu pun di antara kalian yang memasuki surga kecuali dengan izin Allah. Cinta tanah air adalah bagian dari iman.”
 
Hadits ini memperkuat keyakinan bahwa mencintai dan mempertahankan tanah air adalah bagian dari keimanan.
Islam menempatkan kemerdekaan dan cinta tanah air sebagai nilai-nilai yang penting. Al-Qur'an dan hadits mengajarkan bahwa kemerdekaan adalah hak yang harus diperjuangkan, dan mencintai tanah air adalah bagian dari iman. Sebagai umat Islam, kita diharapkan untuk mensyukuri nikmat kemerdekaan dan senantiasa berusaha untuk menjaga dan membangun tanah air kita dengan semangat keimanan dan kebersamaan.
Sumber