Apakah Umroh Wajib Bagi Setiap Umat Muslim?
24 Oktober 2023

Baitullah.co.id - Mendengar kata Umroh saja hati ini ingin sekali berkunjung ke Tanah Suci untuk memeluk Baitullah, Berdoa dan Meminta kepada-Nya. Tetapi melihat dari jaraknya yang jauh tentu Umroh ini memakan waktu bahkan biaya yang tidak sedikit. Semakin jauh jaraknya maka semakin tinggi biayanya.

Dari sinilah banyak pertanyaan tentang Umroh ini, Apakah Umroh wajib bagi setiap Umat Muslim? Apakah Umroh hanya untuk orang dengan finansial yang baik? Hal inilah yang menjadikan Umroh itu sebagai tantangan, terutama bagi mereka yang mempunyai keterbatasan ekonomi.

 

Jika hati kita berniat sungguh-sungguh ingin melaksanakan Ibadah Umroh, faktor ekonomi bukan penghalang bagi kita yang ingin kesana. Tidak heran jika beberapa Ulama memiliki beragam pandangan dalam menilai Ibadah yang satu ini, yakni Umroh. Hingga saat inipun, para Ulama mengenai kewajiban Umroh masih menjadi perdebatan. Bahkan Empat Madzhab utama dalam islam tidak sepenuhnya menyepakati hukum Ibadah Umroh.

 

Ada beberapa dalil yang melatarbelakangi munculnya hukum Ibadah Umroh. Salah satunya ialah dalam Al-Quran surat Al-Baqarah : 196 yang artinya

“Sempurnakanlah Ibadah Haji dan Umroh karena Allah”

Mengapa menjadi perdebatan para ulama? Dalam ayat diatas telah memerintahkan Umat Islam untuk melaksanakan Ibadah Umroh, yang menjadikannya suatu keharusan atau yang bersifat perintah.

 

Para ulama dari Madzhab Syafi’iyah dan Hanabilah, bahwa Umroh ini menjadi kewajiban, dengan catatan bahwa wajibnya Umroh ini ialah bagi orang-orang yang mampu menjalankannya namun tidak diperbolehkan berhutang untuk itu.

Dan disisi lain, dari Madzhab Malikiyah dan Hanafiyah, bahwa Umroh itu sunnah, sehingga tidak dosa bagi yang tidak melaksanakannya. Perlu diingat walaupun sunnah tetapi Umroh ini memiliki banyak sekali keutamaan.

Selain itu, juga terdapat sebuah hadits yang statusnya dianggap dhaif. Yakni suatu ketika Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam pernah ditanya perihal Umroh apakah wajib. Lalu beliau menjawab yang artinya

 “Tidak, namun jika engkau berumroh maka itu lebih baik bagimu”. (HR Tirmidzi)

Baca Juga : Umroh It’s My Dream! Rahasia Cepat Mewujudkan Mimpi ke Tanah Suci 

Umroh adalah salah satu Ibadah yang bisa mensucikan diri kita dari dosa-dosa yang sudah pernah dibuat. Kita tidak memandang umroh hanya sebagai kewajiban finansial saja, tetapi juga sebagai kesempatan suci untuk mendekatkan diri kepada Allah. “Allah tidak memanggil orang-orang yang mampu tapi Allah memampukan orang-orang yang terpanggil untuk berkunjung ke Baitullah“ .

Jangan putus asa untuk meweujudkan cita-cita mulia ini, bersama dengan niat yang tulus, selalu ada jalan untuk mencapainya. Semoga kita semua diberikan kesemoatan untuk pergi ke Baitullah bersama orang yang kita sayang, Aamiin.