Kisah Gelar Al-Faruq, Mengapa Umar Bin Khattab Satu-satunya Sahabat Rasulullah yang Mendapatkannya
28 Agustus 2024
BAITULLAH.CO.ID – Umar Bin Khattab salah satu sahabat terdekat dan khalifah kedua dalam sejarah Islam, dikenal dengan gelar Al-Faruq. Gelar Al-Faruq berarti pemilah atau yang memisahkan antara kebenaran dan kebatilan. Gelar ini diberikan kepada Umar bin Khattab oleh Rasulullah SAW sebagai pengakuan atas sikap beliau dalam menegakkan keadilan dan kebenaran. Pemberian gelar ini tidak hanya mencerminkan karakter dan kepemimpinan Umar, tetapi juga menegaskan perannya sebagai pelindung agama dan penegak keadilan di masa awal Islam.

Baca Juga: Jemaah Ketahui Tips Berikut! Memilih Hotel di Makkah dan Madinah

Kisah pemberian gelar ini bermula pada suatu hari ketika Rasulullah SAW sedang berbicara dengan para sahabat. Dalam salah satu percakapan, Rasulullah SAW mengungkapkan bahwa Umar bin Khattab adalah Al-Faruq karena beliau memiliki kemampuan luar biasa dalam membedakan antara yang hak dan yang batilan.

Umar bin Khattab dikenal sebagai sosok yang sangat berani dan jujur. Dalam setiap tindakan dan keputusan yang beliau ambil, Umar selalu berusaha untuk menjaga kebenaran dan keadilan. Salah satu contoh nyata dari keberanian Umar adalah ketika beliau menghadapi dan mengkritik keputusan-keputusan yang dianggapnya tidak adil, bahkan jika itu melibatkan anggota keluarga atau pejabat tinggi.

Baca Juga: Kisah Umar bin Khattab dan Pemuda Penggembala Kambing yang Jujur
 
Gelar Al-Faruq menjadi gelar pengakuan atas pengorbanan besar Umar dalam sejarah Islam. Kepemimpinan dan keadilan Umar bin Khattab terus dikenang dan dihormati oleh umat Islam sebagai teladan bagi para pemimpin dan individu yang ingin menegakkan kebenaran dan keadilan.
Sumber