Arab Saudi Keluarkan Pedoman untuk Pendampingan Anak-anak Ketika Umrah
30 Agustus 2024
BAITULLAH.CO.ID – Musim umrah 1446 H telah dimulai sejak 1 Muharram, dan Arab Saudi baru-baru ini merilis pedoman khusus untuk orang tua atau wali yang berencana membawa anak-anak mereka. Pedoman ini penting untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan selama ibadah umrah.

Baca Juga: Doa di Pagi Hari Jumat yang Diajarkan Rasulullah SAW

Menurut Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi, seperti yang dilaporkan oleh Timeline Daily dari Gulf News, orang tua diminta untuk selalu menjaga anak-anak mereka dan memastikan mereka tetap dekat. Penggunaan gelang pelacak elektronik untuk anak-anak juga disarankan agar lebih mudah melacak keberadaan mereka.

Kementerian juga mengimbau agar jemaah dengan anak-anak menghindari waktu-waktu sibuk dan tempat-tempat yang ramai. Selain itu, orang tua disarankan untuk mengajarkan anak-anak mereka tentang aturan dan tata cara yang harus dipatuhi selama berada di tempat suci.

Saat ini, Arab Saudi menghadapi cuaca ekstrem dengan hujan deras di Makkah dan Madinah, termasuk di area Masjidil Haram. Pusat Meteorologi Nasional Arab Saudi pada Kamis (29/8/2024) kemarin memprediksi angin kencang dan hujan lebat serta kemungkinan hujan es di beberapa wilayah, termasuk Jazan, Aseer, Al-Baha, Makkah, dan Madinah.

Kementerian Haji dan Umrah juga mengingatkan jemaah untuk berhati-hati saat beribadah di tengah kondisi cuaca tersebut.

Musim umrah 1446 H dibuka untuk jemaah dari dalam dan luar Kerajaan setelah berakhirnya musim haji 1445 H. Kementerian Haji dan Umrah telah melakukan berbagai pertemuan dengan perusahaan dan lembaga umrah untuk mempersiapkan musim ini.

Wakil Menteri Haji dan Umrah, Abdulfattah Mashat, menegaskan komitmen kementerian untuk meningkatkan layanan melalui kolaborasi dengan mitra dan sektor terkait.

"Fokusnya adalah pada peningkatan layanan sektor swasta dan memprioritaskan kenyamanan dan keselamatan para pengunjung dan peziarah ke Dua Masjid Suci. Kerja sama antara kementerian dan perusahaan serta lembaga umrah sangat penting untuk memastikan layanan berkualitas tinggi bagi para peziarah di seluruh dunia," Berdasarkan laporan SPA (27/6/2024).

Baca Juga: Jemaah Ketahui Tips Berikut! Memilih Hotel di Makkah dan Madinah
Sumber
Detikhikmah