Musim Panas di Saudi Ternyata Sering Dilanda Hujan, Jemaah Hati-hati
02 September 2024
BAITULLAH.CO.ID – Pusat Meteorologi Nasional (NCM) Arab Saudi baru-baru ini mengeluarkan peringatan mengenai curah hujan tinggi dan angin kencang yang melanda beberapa wilayah, termasuk Makkah dan Madinah. Hujan deras dengan intensitas sedang hingga tinggi dilaporkan di berbagai daerah, seperti Jazan, Asir, Baha, serta Makkah dan Madinah.

Baca Juga: Doa di Pagi Hari Jumat yang Diajarkan Rasulullah SAW

Dilansir Saudi Gazette, Juru Bicara NCM, Hussein Al-Qahtani, menyebutkan bahwa curah hujan yang tinggi, terutama di Jazan, menunjukkan kondisi iklim yang tidak biasa di Kerajaan. Diperkirakan hujan akan terus berlanjut, menjadikan bulan ini sebagai salah satu bulan dengan curah hujan terbesar, khususnya di dataran tinggi dari Taif hingga Jazan.

Direktorat Umum Pertahanan Sipil telah memperingatkan warga untuk menjauhi area berbahaya seperti lembah dan tempat yang dapat menampung air. Warga juga diimbau untuk berhati-hati dan mengikuti instruksi yang disebarluaskan melalui berbagai saluran media dan sosial resmi.
 
Dilaporkan Saudi Press Agency (SPA), pada Rabu (28/8/2024), kemarin, cuaca di Kerajaan mencatat hujan badai dengan angin kencang melanda wilayah seperti Jazan, Asir, Baha, Makkah, dan Madinah.

Hujan ringan juga turun di Hail, Tabuk, dan Najran, sementara angin kencang mempengaruhi jarak pandang di Riyadh dan wilayah Timur. Di dataran tinggi Al-Baha, musim hujan telah merangsang pertumbuhan vegetasi yang hijau dan subur.
 

Tips Umrah di Tengah Hujan

Bagi jemaah umrah, Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi menekankan pentingnya kehati-hatian saat beribadah di bawah hujan. Jemaah diimbau untuk berhati-hati saat tawaf di Masjidil Haram, dan disarankan untuk melepas kaus kaki agar tidak tergelincir. Penggunaan alas kaki anti licin dan payung juga dianjurkan. Jemaah perempuan sebaiknya membawa jas hujan, dan jika mengalami masalah kesehatan, sebaiknya segera menghentikan ibadah tawaf.

Baca Juga: Arab Saudi Keluarkan Pedoman untuk Pendampingan Anak-anak Ketika Umrah

Dengan mengikuti saran-saran ini, diharapkan jemaah umrah dapat menjalankan ibadah dengan aman dan nyaman meskipun cuaca kurang baik.
Sumber
Detikhikmah