Arab Saudi Siagakan Relawan di Tengah Cuaca Buruk di Makkah
06 September 2024
BAITULLAH.CO.ID – Arab Saudi sedang mempersiapkan tim relawan untuk menghadapi cuaca ekstrem di Makkah. Peringatan cuaca buruk dikeluarkan oleh Pusat Meteorologi Nasional (NCM), dan Otoritas Bulan Sabit Merah siap mengatasi situasi tersebut, termasuk di Masjidil Haram yang juga mengalami hujan deras baru-baru ini.

Baca Juga: Berikut Amalan dan Doa Rabiul Awal, Lakukan Ini!

Menurut Dr. Mustafa bin Jameel Baljoun, Direktur Otoritas Bulan Sabit Merah Wilayah Makkah, semua pusat komando dan darurat telah disiapkan untuk menangani cuaca buruk. Tim tanggap darurat dan layanan ambulans siap beroperasi tanpa terpengaruh kondisi cuaca.

Menurut laporan dari kantor berita Arab Saudi SPA, kesiapan telah ditingkatkan di 98 pusat di seluruh Makkah. Sebanyak 1.420 petugas medis, spesialis, dan teknisi ambulans darurat siap melayani dengan dukungan 149 kendaraan, termasuk ambulans dan kendaraan untuk bencana. Ambulans udara juga disiapkan untuk dukungan tambahan.

Otoritas Bulan Sabit Merah mengimbau warga untuk mengikuti instruksi resmi, berhati-hati dengan fluktuasi cuaca, mematuhi peraturan lalu lintas, dan menghindari area berbahaya seperti sungai dan genangan air hujan. Masyarakat diminta untuk melaporkan keadaan darurat melalui telepon 997 atau aplikasi Asefne.

Sebelumnya, akun media sosial Haramain Info membagikan gambar hujan deras dan petir di Masjidil Haram pada Selasa (3/9/2024). Ka'bah masih dikelilingi oleh jemaah umrah, beberapa di antaranya menggunakan payung.

Baca Juga: Umrah Aman Saat Hujan dari Otoritas Saudi, Berikut Tipsnya

Saudi Gazette melaporkan bahwa Direktorat Jenderal Pertahanan Sipil telah mengeluarkan peringatan badai petir di beberapa wilayah untuk beberapa hari ke depan. Makkah diperkirakan akan mengalami hujan sedang hingga lebat yang bisa menyebabkan banjir, hujan es, dan angin kencang. Sementara itu, Riyadh diprediksi mengalami hujan ringan hingga sedang dan angin kencang, sedangkan wilayah Madinah, Al-Baha, Aseer, Jazan, dan Najran akan menghadapi hujan sedang hingga lebat, dengan wilayah Hail, Qassim, dan Timur mengalami hujan ringan.
Sumber
Detikhikmah