Saudi Siapkan Robot Canggih untuk Layanan Umrah 2024
09 September 2024

BAITULLAH.CO.ID – Arab Saudi, melalui Kepresidenan Urusan Agama Dua Masjid Suci, telah meluncurkan rencana untuk musim umrah 2024. Ini adalah inisiatif terbesar yang pernah ada dalam sejarah umrah, bertujuan untuk meningkatkan pengalaman ibadah bagi para jemaah.

Baca Juga: Berikut Amalan dan Doa Rabiul Awal, Lakukan Ini!

Menurut laporan dari Arab News pada Minggu (8/9/2024), rencana ini dirancang untuk memberikan layanan yang lebih baik dan inovatif kepada para jemaah. Dr. Abdulrahman Al-Sudais, Presiden Kepresidenan Urusan Agama Dua Masjid Suci, menjelaskan bahwa fokus utama dari rencana ini adalah pada pelayanan yang optimal, serta memperkenalkan teknologi terbaru untuk mendukung pengalaman ibadah.

Salah satu terobosan utama dalam rencana ini adalah peluncuran robot canggih yang akan melayani jemaah di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Robot-robot ini akan menggunakan teknologi AI untuk membantu dalam berbagai aspek pelayanan, termasuk berkomunikasi dengan jemaah dalam berbagai bahasa dan memfasilitasi ibadah dengan lebih efisien.

Rencana operasional umrah 2024 ini akan berlangsung selama sembilan bulan dan dibagi menjadi tiga fase, yang akan berakhir pada akhir Syaban 1446 H.

Setelah itu, persiapan untuk bulan Ramadhan 1446 H. Selama periode umrah, akan ada peningkatan dalam bimbingan ilmiah, pelajaran Al-Qur'an, dan kesadaran agama. Selain itu, pameran keagamaan dan program hadiah keagamaan juga akan diperkenalkan untuk memperkaya pengalaman jemaah. Musim umrah 1446 H telah dimulai sejak 1 Muharram 1446 H, dan jemaah dari berbagai negara sudah mulai berdatangan ke Arab Saudi.

Baca Juga: Arab Saudi Siagakan Relawan di Tengah Cuaca Buruk di Makkah

Sumber
Detikhikmah