Arab Saudi Adakan Rapat Perdana untuk Persiapan Haji 2025
10 September 2024
BAITULLAH.CO.ID – Arab Saudi baru saja mengadakan rapat pertama untuk merencanakan layanan haji tahun 2025. Rapat yang berlangsung di Jeddah ini dihadiri oleh Wakil Emir Makkah, Pangeran Saud bin Mishal bin Abdulaziz, serta dipimpin langsung oleh Gubernur Makkah, Pangeran Khalid Al-Faisal, dan ketua Komite Haji Pusat. Acara ini dihadiri oleh 60 organisasi dan pejabat terkait dan bertajuk "Pertemuan Awal Perencanaan Haji 1446 H" pada Minggu, 8 September 2024.

Baca Juga: Kematian Paling Sadis dalam Islam, Kisah Wafatnya Sayyidina Ali sampai Malaikat Jibril Teriak

Pada kesempatan ini, Pangeran Saud secara resmi memulai perencanaan untuk haji 2025 dan mengumumkan jadwal persiapan untuk musim haji mendatang. Menurut laporan SPA, fokus utama dari musim haji mendatang adalah meningkatkan standar operasional, termasuk memperbarui regulasi dan meningkatkan pelatihan bagi pekerja.

Pangeran Saud menekankan pentingnya membangun kembali kesuksesan musim haji 2024 dan memastikan persiapan yang matang untuk haji mendatang. Ia menggarisbawahi perlunya peningkatan kerja sama untuk memperbaiki layanan dan fasilitas yang ada.

"Pertemuan ini bertujuan untuk menetapkan tujuan utama, dengan menilai keberhasilan haji 1445 H sebagai dasar. Allah telah memberkahi bangsa ini dengan kemampuan untuk melayani para jemaah haji," ujar Pangeran Saud.

"Prioritas kami adalah memulai persiapan awal untuk musim haji berikutnya dan memastikan kami dapat memenuhi tanggung jawab terhadap para pengunjung tempat-tempat suci," tambahnya.

Dalam pertemuan ini, model perencanaan untuk 2025 dibahas dengan fokus pada kesiapan, kualitas layanan, dan indikator kinerja operasional. Arab News melaporkan bahwa pertemuan ini juga menilai pencapaian musim haji 2024, termasuk 300 rencana untuk meningkatkan kesiapan untuk musim haji mendatang.

Baca Juga:Agar Tawaf dan Sa’i Lebih Efisien, Arab Saudi Luncurkan Sistem Transportasi Baru

Beberapa pencapaian penting dari musim haji sebelumnya meliputi peluncuran kartu Nusuk, uji coba penerbangan haji yang sukses dari Bandara Internasional Taif, perluasan inisiatif Rute Makkah, perpanjangan jalan raya Jeddah-Makkah sepanjang 51 km, peningkatan transportasi dari Mina ke Masjidil Haram, dan penerapan cat antipanas di dekat Masjid Al-Namirah.
Sumber
Detikhikmah