Usai Diguyur Hujan, Pegunungan Makkah Menghijau
12 September 2024
BAITULLAH.CO.ID – Arab Saudi dikenal sebagai negara padang pasir yang merupakan habitat asli hewan unta. Tentunya lanskap negara tersebut sebagian besar berupa gurun dan gersang. Dilansir dari berbagai sumber, beberapa wilayah di Arab Saudi menghijau, apa sebabnya?

Baca Juga: Kisah Jin Abdullah ibnu Abhar Bela Rasulullah yang Dihina Kafir Quraisy

Menghijaunya Pegunungan di Makkah Foto: SPA

Pegunungan yang berada di Makkah, Arab Saudi terlihat menghijau usai diguyur oleh derasnya hujam. Hujan turun di wilayah tersebut belakangan ini. Dikutip dari media sosial Saudi Press Agency (SPA), membagikan foto pegunungan-pegunungan di Makkah yang mulai ditumbuhi rerumputan. Foto ini diunggah melalui media sosial X pada 6 September 2024 dengan judul Photo of the Day.

Dalam unggahan itu, SPA menuliskan keterangannya “Dataran di kawasan Makkah menjelma menjadi oase hijau subur sehabis hujan.” Dokumen yang diungah oleh SPA memperlihatkan menghijaunya pegunungan Makkah turut dibagikan media lokal yang berbasis di Tanah Suci, Inside the Haramain, pada 5 September 2024.

Bahkan belakangan ini, beberapa wilayah di Arab Saudi terus diguyur oleh hujan. Kota Makkah dan Kota Madinah termasuk wilayahnya. Bahkan di dalam keadaan hujan Jemaah di Masjdiil Haram khusyuk beribadah di bawah guyuran hujan.
 

NASA Memanatau Penyebabnya Pegunungan Makkah Menghijau

Mengutip situs Middle East Monitor dari Saudi Press Agency (SPA), disebutkan gunung-gunung di dalam dan sekitar kota suci Makkah di Arab Saudi telah berubah menjadi hijau setelah berminggu-minggu diguyur oleh hujan lebat bahkan hingga banjir bandang pada bulan lalu.

Baca Juga: Arab Saudi Adakan Rapat Perdana untuk Persiapan Haji 2025

SPA membagikan klip video di X kamis lalu yang menunjukkan efek dari curah hujan yang berlebihan. Beberapa bagian negara Kerajaan itu telah melihat lanskap gersang berubah menjadi hijau, terkhusus di Arab Saudi bagian Barat. Pertumbuhan vegetasi, yang disebabkan oleh cuaca hangat dan juga hujan, terekam dalam citra satelit yang disediakan oleh NASA.
Sumber