Agar Dijauhkan dari Orang Zalim, Amalkan 7 Doa ini!
18 September 2024
BAITULLAH.CO.ID – Kedzaliman adalah salah satu perbuatan yang paling dihindari, Orang yang terdzalimi merupakan mereka yang mengalami ketidakadilan, baik dalam bentuk fisik, emosional, maupun sosial. Orang-orang zalim ini tentu mengundang kesengsaraan di dunia maupun akhirat, baik itu bagi dirinya sendiri maupun orang-orang sekitarnya.

Baca Juga: Maulid Nabi Muhammad SAW, Berikut Amalan yang Bisa Dilakukan

Dalam hadits dari Abu Hurairah RA, Nabi Muhammad SAW bersabda,

"Jika umurmu panjang, engkau akan segera melihat satu kaum membawa cambuk (seperti ekor sapi) di tangannya, setiap pagi, dan petang mereka dilaknati Allah SWT." (HR Muslim)

Hadits tersebut menggambarkan sebuah peringatan tentang sekelompok orang yang akan muncul di masa depan, yang dikenal dengan perilaku kezaliman. Dengan istilah "dilaknati Allah," hadits ini menunjukkan bahwa tindakan mereka tidak disetujui oleh Allah, dan mereka akan mendapatkan hukuman akibat kedzaliman yang mereka lakukan.

Juga dalam Riwayat lain dari Abu Umamah RA yang berbunyi sama dengan hadits diatas yaitu, "Pada akhir zaman, akan ada orang-orang yang membawa cambuk seperti ekor sapi. Mereka pergi pada pagi hari dalam kemurkaan Allah dan kembali pada sore hari dalam kemarahan Allah." (HR Albaniy)

Bagaimana jika kita dizalimi, apa yang harus dilakukan? Dikutip dari buku Indahnya Doa Rasulullah Bagiku yang ditulis Masriyah Amva dan buku Doa Ajaran Ilahi susunan Anis Masykhur & Jejen Musfah. Berikut doa agar dijauhkan dari orang zalim,
 

1. Doa Pertama

Doa pertama tercantum dalam surat Al-A'raf Ayat 47 agar terhindar dari orang zalim:

۞ وَإِذَا صُرِفَتْ أَبْصَٰرُهُمْ تِلْقَآءَ أَصْحَٰبِ ٱلنَّارِ قَالُوا۟ رَبَّنَا لَا تَجْعَلْنَا مَعَ ٱلْقَوْمِ ٱلظَّٰلِمِينَ
Wa iżā ṣurifat abṣāruhum tilqā`a aṣ-ḥābin-nāri qālụ rabbanā lā taj'alnā ma'al-qaumiẓ-ẓālimīn

Artinya: Dan apabila pandangan mereka dialihkan ke arah penghuni neraka, mereka berkata: "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau tempatkan kami bersama-sama orang-orang yang zalim itu".
 

2. Doa Kedua

اللَّهُمَّلَاتُسَلِّطْعَلَيْنَا-بِذُنُوْبِنَا-مَنْلَايَخَافُكَوَلَايَرْحَمُناَ
Allahumma lâ tusallith 'alainâ-bidzunübinâ-man lâ yakhâfuKa walâ yarhamunâ.

Artinya: "Ya Allah ya Tuhan kami, janganlah Engkau kuasakan (jadikan pemimpin) atas kami-karena dosa-dosa kami-orang yang tidak takut kepadaMu dan tidak mempunyai belas kasihan kepada kami.
 

3. Doa Ketiga

Dalam satu hadits yang diriwayatkan Imam Muslim, Rasulullah SAW berdoa agar dilindungi dari pemimpin yang zalim:

اللَّهُمَّ مَنْ وَلِيَ مِنْ أَمْرِ هَذِهِ أُمَّتِي شَيْئاً فَرَفَقَ بِهِمْ، فَارْفُقْ بِهِ. وَمَنْ شَقَّ عَلَيْهَا فَاشْفُقْ عَلَيْهِ. رواه مسلم

Artinya: "Ya Allah, siapa saja yang memimpin (mengurus) urusan umatku ini, yang kemudian ia menyayangi mereka, maka sayangilah dia. Dan siapa saja yang menyusahkan mereka, maka susahkanlah dia". (HR. Muslim No 1828)
 

4. Doa Keempat

Surat Al-Qashash Ayat 21:

فَخَرَجَ مِنْهَا خَآئِفًا يَتَرَقَّبُ ۖ قَالَ رَبِّ نَجِّنِى مِنَ ٱلْقَوْمِ ٱلظَّٰلِمِينَ
Fa kharaja min-hā khā`ifay yataraqqabu qāla rabbi najjinī minal-qaumiẓ-ẓālimīn

Artinya: Maka keluarlah Musa dari kota itu dengan rasa takut menunggu-nunggu dengan khawatir, dia berdoa: "Ya Tuhanku, selamatkanlah aku dari orang-orang yang zalim itu".
 

5. Doa Kelima

Surat Al-Mu'minun Ayat 94:

رَبِّ فَلَا تَجْعَلْنِى فِى ٱلْقَوْمِ ٱلظَّٰلِمِينَ
Rabbi fa lā taj'alnī fil-qaumiẓ-ẓālimīn

Artinya: "Ya Tuhanku, maka janganlah Engkau jadikan aku berada di antara orang-orang yang zalim".

Baca Juga: Doa untuk Memiliki Hati yang Luas, Sabar, dan Ikhlas
 

6. Doa Keenam

Doa agar terhindar dari orang zalim selanjutnya juga tercantum dalam surah Al A'raf ayat 47. Berikut bunyinya,

وَإِذَا صُرِفَتْ أَبْصَٰرُهُمْ تِلْقَآءَ أَصْحَٰبِ ٱلنَّارِ قَالُوا۟ رَبَّنَا لَا تَجْعَلْنَا مَعَ ٱلْقَوْمِ ٱلظَّٰلِمِينَ
Wa iżā ṣurifat abṣāruhum tilqā`a aṣ-ḥābin-nāri qālụ rabbanā lā taj'alnā ma'al-qaumiẓ-ẓālimīn

Artinya: "Dan apabila pandangan mereka dialihkan ke arah penghuni neraka, mereka berkata: "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau tempatkan kami bersama-sama orang-orang yang zalim itu."
 

7. Doa Ketujuh

Doa agar terhindar dari pemimpin zalim selanjutnya dipanjatkan oleh Nabi Musa AS ketika memohon perlindungan dari Firaun. Allah SWT berfirman dalam surah Al Qashash ayat 21,

فَخَرَجَ مِنْهَا خَآئِفًا يَتَرَقَّبُ ۖ قَالَ رَبِّ نَجِّنِى مِنَ ٱلْقَوْمِ ٱلظَّٰلِمِينَ
Fa kharaja min-hā khā`ifay yataraqqabu qāla rabbi najjinī minal-qaumiẓ-ẓālimīn

Artinya: "Maka keluarlah Musa dari kota itu dengan rasa takut menunggu-nunggu dengan khawatir, dia berdoa: "Ya Tuhanku, selamatkanlah aku dari orang-orang yang zalim itu."
Sumber
Detikhikmah