Surga Wanginya Tercium dari Jarak Ribuan Tahun Perjalanan, Berikut Haditsnya
24 September 2024
BAITULLAH.CO.ID – Surga merupakan tempat akhir dari kehidupan manusia saat ini, tentu tempat ini menjadi tempat yang diinginkan oleh setiap manusia termasuk umat muslim. Keindahan serta kenikmatan yang ada di dalam surga sudah dijelaskan dalam firman Allah SAW dalam surat Al Insan ayat 20:

وَإِذَا رَأَيْتَ ثَمَّ رَأَيْتَ نَعِيمًا وَمُلْكًا كَبِيرًا
Artinya: "Dan apabila kamu melihat di sana (surga), niscaya kamu akan melihat berbagai macam kenikmatan dan kerajaan yang besar."

Baca Juga:Apakah Ada Orang Tua yang Durhaka? Begini Pandangan Islam
 
Dalam Al-Quran dan Hadits, surga digambarkan sebagai tempat yang penuh dengan keindahan dan kenikmatan. Salah satu Gambaran yang sering disebutkan adalah tentang bau yang sangat harum yang tercium dari surga. Ini menjadi tanda bagi orang-orang beriman bahwa mereka akan mendapatkan balasan yang setimpal atas amal baik yang mereka lakukan selama masa hidupnya.
 
Adapun Rasulullah SAW dalam haditsnya pernah menyebutkan tentang wangi surga. Karena wanginya, aroma surga ini tercium dari jarak ratusan tahun perjalanan, berikut bunyi haditsnya:

"Baunya surga dapat dicium sejauh perjalanan 1000 tahun. Demi Allah tidak akan menciumnya seseorang yang mendurhaka kepada ibu bapaknya dan orang yang memutuskan tali persaudaraan, orang tua yang berzina, dan orang yang memanjangkan pakaiannya (melebihi mata kaki) karena sombong." (HR Thabrani)
 
Adapaun pada Riwayat yang lain dari Abdullah bin ‘Amr, disebutkan bahwa aroma surga terium dengan jarak perjalanan 40 tahun perjalanan, sabda Rasulullah SAW:

"Barangsiapa membunuh seorang mu'ahad (orang kafir yang telah membuat perjanjian damai dengan umat Islam) maka ia tidak akan mencium bau surga. Padahal sesungguhnya bau surga itu benar-benar tercium dari jarak perjalanan empat puluh tahun." (HR Bukhari)

Baca Juga: Wajah Cerah Berseri, Amalkan Doa Pembuka Aura Wajah ini!
 
Sebagian lain mengatakan wangi surga tercium dari jarak 500 tahun perjalanan, berikut haditsnya:

"Perempuan yang memakai baju tetapi telanjang, dan dia memandang lelaki lain, dan membuatkan lelaki-lelaki lain terpandang kepadanya, maka perempuan ini tidak akan cium bau surga. Sedangkan bau surga sudah pun boleh dibau dari jarak 500 tahun perjalanan." (HR Bukhari dan Muslim)
Sumber