Jemaah! Berikut 5 Destinasi Terbaik di Madinah yang Tak Boleh Terlewatkan!
25 September 2024
BAITULLAH.CO.ID – Sebelum melanjutkan perjalanan ke Kota Makkah, Jemaah akan tiba di Kota Madinah terlebih dahulu, tentu kesempatan emas ini harus dimanfaatkan. Kota Madinah, yaitu salah satu kota suci yang berada di Arab Saudi, yang dijaga oleh para malaikat dan merupakan tempat tujuan Rasulullah SAW berhijrah.

Baca Juga: Kalimat Tasbih, Tahmid, dan Takbir Dibaca 33 kali Setelah Salat Fardhu

Selain menjadi lokasi Masjid Nabwi yang megah, Kota Madinah mempunyai berbagai destinasi yang membuat pengalaman semkain berkesan. Berikut lima destinasi terbaik di Madinah yang tidak boleh terlewatkan oleh Jemaah:
 

1. Masjid Nabawi

Masjid Nabawi adalah tujuan utama setiap jemaah yang mengunjungi Madinah. Masjid ini dibangun oleh Nabi Muhammad SAW dan menjadi tempat ibadhanya umat Muslim. Salah tempat paling terkenal adalah Raudhah, area antara makam Nabi dan mimbar, yang diyakini sebagai salah satu tempat yang mustajab untuk berdoa. Jangan lupa untuk mengunjungi makam Nabi Muhammad SAW dan dua sahabatnya, Abu Bakar dan Umar, yang terletak di dalam masjid.
 

2. Masjid Quba

Masjid Quba adalah masjid pertama yang dibangun dalam sejarah Islam. Terletak sekitar 3 km dari pusat kota Madinah, masjid ini menjadi tempat destinasi yang tak boleh terlewatkan. Nabi Muhammad SAW sering mengunjungi masjid ini dan melaksanakan salat di sini.
Hadits Rasulullah SAW, “Barangsiapa yang bersuci di rumahnya, kemudian mendatangi Masjid Quba, lalu sholat di dalamnya dengan suatu sholat, baginya seperti pahala orang yang melaksanakan umroh.”(H.R. Ibnu Majah)
 

3. Wisata Kebun Kurma

Madinah dikenal dengan kebun kormanya yang subur. Mengunjungi kebun korma memberikan kesempatan bagi jemaah untuk belajar tentang budidaya kurma yang telah menjadi bagian penting dalam budaya Arab. Di kebun ini, jemaah dapat mencicipi berbagai jenis kurma yang segar dan berkualitas tinggi.
 

4. Gunung Terbesar di Madinah, Jabal Uhud

Selain Bukit Uhud, Jabal Uhud merupakan gunung yang menjadi saksi bisu pertempuran bersejarah. Dari puncak gunung, jemaah dapat menikmati pemandangan indah sekeliling Kota Madinah. Tempat ini juga sering dijadikan lokasi untuk mengadakan kajian dan ziarah. Jabal Uhud juga memiliki keutamaan, yaitu merupakan gunung yang kelak akan berada di surga.
 

5. Jabal Magnet

Jabal Magnet memiliki nama asli Manthiqa Baidha atau perkampungan putih. Lembahnya pun disebut dengan Lembah Jin oleh warga lokal. Disebut Lembah Jin, karena Jabal Magnet memiliki “keajaiban” di luar nalar. Konon, kendaraan yang melintasi daerah Jabal Magnet dapat bergerak secara otomatis. Inilah mengapa disebut Jabal Magnet karena kendaraan yang melintas seakan-akan terpengaruh kekuatan magnet sehingga bisa bergerak sendiri.
Itulah lima destinasi di Kota Madinah yang tidak boleh terlewatkan oleh para Jemaah. Setiap tempat memiliki cerita dan makna tersendiri dalam sejarah Islam. Dengan mengunjunginya atau berziarah semoga menambah pengalaman ibadah semakin berkesan.
Sumber