Bulan Sabit Emas Terpasang di Menara Masjidil Haram Sebanyak 13 Buah!
02 November 2023

Baitullah.co.id – Otoritas Umum Perawatan Dua Masjid Suci Arab Saudi telah menyelesaikan pemasangan bulan sabit berlapis emas di setiap Menara Masjidil Haram.

Dikutip Saudi Gazette, Rabu (1/11/2023), proyek ini diselesaikan dengan ditandai pemasangan bulan sabit terakhir Masjdil Haram di Menara Gerbang Al-Fatah. Pemasangan bulan sabit emas di Menara Masjidil Haram merupakan bagian dari perluasan terbesar yang pernah dilakukan di tempat suci umat islam tersebut.

Pada bulan juni 2023 lalu, otoritas terkait memasangkan dua bulan sabit di Menara dekat Gerbang King Abdulaziz, pintu masuk utama Masjidil Haram. Pemasangan bulan sabit emas di Menara Masjdil Haram ini, akan dilakukan secara bertahap.

Seperti yang kita ketahui, Menara Masjid sendiri memiliki ciri khas paling menonjol dari arsitektur Islam pada umumnya dan Masjdil Haram salah satunya.

Otoritas menyebutkan juga, tinggi Menara Masjidil Haram lebih dari 130 Meter, sedangkan untuk tinggi bulan sabit emas ini mencapai 9 meter dengan alas selebar 2 meter.

Saat ini sudah terpasang bulan sabit emas di masing-masing Menara Masjdil Haram, yakni sebanyak 13 buah. Bulan sabit emas tersebut dilapisi oleh kaca yang berlapis emas yang membuatnya tampak megah. Pengecatan dengan warna emas bertujuan untuk menjaga keindahannya. Pihak berwenang menyampaikan, bulan sabit terbuat dari serat karbo, dibentuk di sekitar struktur besi internal. Serat karbo sendiri dianggap sangat tahan lama dan untuk struktur internalnya terbuat dari struktur besi yang berkualitas tinggi guna untuk menjaga ketahanan bulan sabit tersebut.  

Baca Juga : Jenis Larangan Umroh dan Haji, No 3 Jarang Orang Tahu!

Sumber
Detik.com