Amalan Pagi Pelancar Rezeki, Keutamaan Sedekah Subuh
26 September 2024
BAITULLAH.CO.ID – Sedekah merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam. Di antara berbagai waktu untuk bersedekah, sedekah subuh memiliki keutamaan tersendiri. Banyak hadits yang menjelaskan tentang keutamaan dan manfaat dari bersedekah di waktu subuh. Salah satunya sedekah yang bisa diamalkan adalah sedekah subuh. Mengapa sedekah subuh? Istilah tersebut digunakan karena amalan ini dilakukan setelah salat subuh.

Baca Juga: Hati-hati Tergiur Umrah Murah, Risiko Batal Pergi atau Tak Bisa Pulang

Bahkan dalam Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 245, menjelaskan perintah untuk bersedekah,

مَّن ذَا ٱلَّذِى يُقْرِضُ ٱللَّهَ قَرْضًا حَسَنًا فَيُضَٰعِفَهُۥ لَهُۥٓ أَضْعَافًا كَثِيرَةً ۚ وَٱللَّهُ يَقْبِضُ وَيَبْصُۜطُ وَإِلَيْهِ تُرْجَعُونَ
Artinya: "Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan melipatgandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan."
 

Keutamaan Sedekah Subuh

Berikut adalah beberapa keutamaan sedekah subuh yang diambil dari berbagai sumber,

1. Mendapatkan Rahmat Allah SWT
Mengutip buku Penakluk Subuh karya Muhammad Iqbal, salah satu keutamaan sedekah subuh adalah mendapatkan rahmat Allah SWT. Hal ini diperkuat dengan hadits yang menyatakan:

“Sesungguhnya, sedekah itu memadamkan panasnya kubur dan hanyalah seorang Mukmin yang mendapatkan naungan pada hari kiamat nanti dengan sedekahnya." (HR. Thabrani dan Baihaqi)

Hadits ini menunjukkan betapa besarnya pahala bagi mereka yang bersedekah, terutama pada waktu subuh, di mana sedekah tersebut menjadi salah satu cara untuk memperoleh rahmat dan naungan Allah di akhirat.
 
2. Dilunasi Utangnya oleh Allah SWT
Dikutip dari buku Dongkrak Rezeki karya Dedik Kurniawan, banyak kisah inspiratif dari orang-orang yang mengalami tekanan utang hingga ratusan juta bahkan miliaran. Mereka yang secara istiqamah melakukan sedekah subuh tanpa terlewatkan, melihat hasil yang luar biasa; semua utang mereka lunas. Ini menjadi bukti bahwa Allah SWT akan melunasi utang-utang hamba-Nya yang bersedekah dengan ikhlas.
 
3. Disaksikan dan Didoakan oleh Malaikat
Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah RA dan dikutip dari Fiqih Sunnah 2 karya Sayyid Sabiq, Nabi Muhammad SAW bersabda:

"Tidak ada satu subuh pun yang dialami hamba-hamba Allah kecuali turun kepada mereka dua malaikat. Salah satu di antara keduanya berdoa: 'Ya Allah, berilah ganti bagi orang yang berinfak', sedangkan yang satu lagi berdoa, 'Ya Allah, berilah kerusakan bagi orang yang menahan (hartanya).'" (HR. Bukhari)

Keberadaan malaikat yang mendoakan para dermawan di waktu subuh menjadi salah satu keutamaan yang tidak boleh diabaikan. Mereka mendoakan agar rezeki Muslim terus mengalir bagi yang berinfak.
 
4. Dilipatgandakan Rezeki dan Pahalanya
Ahmad Mudzakir dalam buku Sapu Jagat Keberuntungan menyebutkan bahwa sedekah subuh menjanjikan rezeki dan pahala yang berlipatganda. Allah SWT menjamin balasan bagi siapa pun yang bersedekah. Hal ini juga tertuang dalam surah Al-Hadid ayat 18:

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah dengan menginfakkan sebagian hartanya, baik laki-laki maupun perempuan, dan mereka dengan ikhlas meminjamkan kepada Allah SWT dengan pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan balasan kebaikan bagi mereka, dan mereka akan mendapat pahala yang mulia dari sisi-Nya." (QS. Al-Hadid: 18)
 
5. Didoakan oleh Rasulullah SAW
Mengutip hadits dari Riyadush Shalihin 2 karya Imam Nawawi, Rasulullah SAW selalu mendoakan keberkahan bagi umatnya yang beramal di pagi hari, termasuk bersedekah. Dalam hadits disebutkan:

“Ya Allah, berkahilah umatku pada waktu pagi mereka." (HR. Abu Daud dan Tirmidzi)
Rasulullah SAW menunjukkan betapa pentingnya memulai aktivitas di pagi hari dengan amalan yang baik, dan sedekah adalah salah satunya.

Baca Juga: Apakah Ada Orang Tua yang Durhaka? Begini Pandangan Islam

Keutamaan sedekah subuh sangat banyak dan menjanjikan berbagai berkah dari Allah SWT. Dari mendapatkan rahmat-Nya, melunasi utang, didoakan oleh malaikat, hingga pahala yang berlipatganda, semuanya menjadikan sedekah subuh sebagai amalan yang sangat dianjurkan. Marilah kita jadikan sedekah subuh sebagai bagian dari rutinitas kita agar hidup kita dipenuhi dengan berkah dan rahmat dari Allah SWT.
Sumber