Terinspirasi dari Home Sweet Loan, Ternyata Begini Hadits Rasulullah Tentang Menabung
08 Oktober 2024
BAITULLAH.CO.ID – Tayangnya film Home Sweet Loan di bioskop membuat gempar para generasi sandwich yang relate dengan film tersebut dan menjadi perbincangan hangat di berbagai sosial media. Tokoh utama yang bernama Kaluna merupakan seorang pegawai kantoran dengan gaji UMR, ia berjuang keras untuk menabung demi mewujudkan impiannya yang ingin memiliki rumah.

Baca Juga: Fasilitas Khusus untuk Jemaah Lansia di Masjidil Haram

Hasil dari perjuangannya ia berhasil mengumpulkan uang sebesar Rp 300 juta. Dengan kegigihan dan kerja kerasnya dalam menabung, film ini menjadi inspirasi untuk kita semua dalam menabung dan mencapai tujuan.
 

Hadits Rasulullah Tentang Menabung

Dalam Islam, menabung hukumnya ialah sunnah karena, memiliki kemaslahatan nyata bagi manusia. Rasulullah pun mendorong umatnya untuk menabung, “Simpanlah sebagian daripada hartamu untuk kebaikan masa depan kamu, karena itu jauh lebih baik bagimu.” (HR. Bukhari) adapun hadits lainnya mengenai menabung, sebagai berikut:
 

1. Menabung untuk Masa Depan

Rasulullah bersabda: "Sebaik-baik harta adalah yang dikeluarkan untuk kepentingan yang bermanfaat." (HR. Al-Bukhari) 

Hadits ini mengajak kita untuk menyisihkan sebagian dari penghasilan kita untuk kebutuhan masa depan, termasuk menabung untuk membeli rumah seperti film diatas atau investasi lainnya.
 

2. Menghindari Utang yang Tidak Perlu

Rasulullah SAW pernah mengatakan, "Jika seseorang ingin berhutang, dia harus mempertimbangkannya dengan baik." (HR. Ahmad).

Dalam konteks Home Sweet Loan, kita perlu memahami bahwa berhutang untuk sesuatu yang bermanfaat, seperti membeli rumah, berbeda dengan berutang untuk barang-barang yang tidak perlu. Yang terpenting adalah memastikan kita bisa melunasi utang tersebut, agar tidak terjebak dalam masalah keuangan di kemudian hari.

Baca Juga: 3 Hari Baik Untuk Memotong Kuku

3. Investasi yang Halal

Salah satu prinsip dalam Islam adalah melakukan investasi yang halal. Rasulullah mengajarkan pentingnya berusaha dengan baik dan jujur. Beliau bersabda, "Allah menyukai hamba-Nya yang melakukan sesuatu dengan baik." (HR. Al-Bukhari).

Dalam film Home Sweet Loan, kita melihat karakter utama yang bekerja keras untuk mencapai impian mereka. Ini mencerminkan nilai kerja keras dan integritas yang juga penting dalam berinvestasi.
Sumber