Bacaan Dzikir Hasbunallah Wanikmal Wakil, Memohon Pertolongan Allah SWT Dalam Kesulitan
09 Oktober 2024
BAITULLAH.CO.ID – Sebagai manusia pasti kita selalu diberikan cobaan dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Orang yang beriman kepada Allah SWT tidak akan pernah putus asa ketika diberikan cobaan, mereka selalu yakin bahwa pertolongan-Nya lah yang akan membantu permasalahan yang sedang dihadapi. Salah satunya dengan berdzikir hasbunallah wanikmal wakil, dibaca agar menadapatkan pertolngan-Nya dan mendapat banyak keutamaan serta manfaatnya.

Baca Juga: Terinspirasi dari Home Sweet Loan, Ternyata Begini Hadits Rasulullah Tentang Menabung


Hasbunallah Wanikmal Wakil Arab, Latin dan Artinya

حَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ الوَكِيلُ
Hasbunallah wa ni'mal wakiil

Artinya: "Cukuplah Allah menjadi penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik pelindung."

Dzikir ini merupakan potongan ayat dalam Al-Quran, ayat ini difirmankan Allah SWT dalam surat Ali-Imran ayat 173 yang berbunyi,

اَلَّذِيْنَ قَالَ لَهُمُ النَّاسُ اِنَّ النَّاسَ قَدْ جَمَعُوْا لَكُمْ فَاخْشَوْهُمْ فَزَادَهُمْ اِيْمَانًاۖ وَّقَالُوْا حَسْبُنَا اللّٰهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ ١٧٣
Al-lażīna qāla lahumun-nāsu innan-nāsa qad jama'ū lakum fakhsyauhum fa zādahum īmānā(n), wa qālū ḥasbunallāhu wa ni'mal-wakīl(u).

Artinya: “(yaitu) mereka yang (ketika ada) orang-orang mengatakan kepadanya, "Sesungguhnya orang-orang (Quraisy) telah mengumpulkan (pasukan) untuk (menyerang) kamu. Oleh karena itu, takutlah kepada mereka," ternyata (ucapan) itu menambah (kuat) iman mereka dan mereka menjawab, "Cukuplah Allah (menjadi penolong) bagi kami dan Dia sebaik-baik pelindung."


Waktu Mengamalkan Hasbunallah Wanikmal Wakil

Sebenarnya tidak ada waktu tertentu untuk membaca dzikir ini, tetapi bisa dibaca setiap saat selagi memungkinkan.

Membaca dzikir ini diutamakan ketika seorang muslim hendak bertawakal kepada Allah SWT dan memohon pertolongan serta perlindungan-Nya. Dengan membaca doa ini, Allah SWT akan memberikan pertolongan dan perlindungan-Nya kepada hambanya.

Oleh sebab itu, dzikir hasbunallah wanikmal wakil bisa dibaca saat seorang muslim sedang mengalami kesulitan dan berjuang menghadapi masalah, seperti sedang khawatir, gelisah, ketakutan bahkan menderita dan kesusahan.

Baca Juga: Tanda Kiamat Dengan Terbitnya Matahari Dari Arah Barat, Begini Dalilnya
Sumber