Pahala Ibadah Berlipat Ganda, Jemaah Simak Tips Ini!
09 Oktober 2024
BAITULLAH.CO.ID – Setiap umat Muslim tentu ingin mendapatkan pahala yang berlipat ganda dalam setiap ibadah yang dilakukan. Pahala bukan hanya sebagai bentuk imbalan dari Allah, tetapi juga sebagai motivasi untuk semakin mendekatkan diri kepada-Nya. Terutama Jemaah yang sedang melaksanakan ibadah umrah dan haji.

Baca Juga: Kisah Wanita yang Menolak Cinta Nabi Muhammad SAW

Keutamaan di Tanah Suci sangatlah banyak, diantaranya adalah dilipatgandakan pahala amal saleh dan dilipatgandakan dosa dari kemaksiatan. Di lansir dari kemenagbatam, salah satu amal saleh adalah bersedekah yang memiliki banyak keutamaan.

Lalu bagaimana cara bersedekah di Tanah Suci, tetapi pengelola Masjidil Haram tidak menyediakan kontak infak di dalam masjid? Berikut tips yang bisa dilakukan oleh Jemaah yang ingin bersedah di Tanah Suci


1. Salurkan Melalui Lembaga Penyalur Zakat, Infaq dan Sedekah

Ada banyak Lembaga yang menyediakan Lembaga penyalur zakat, infaq, dan sedekah di sekitar Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Salah satunya adalah stand Yayasan di sekitar pusat perbelanjaan seperti Abraj la-Bait Commercial Centar. Dan caranya pun sangat mudah, Jemaah tinggal mengambil formulir yang hendak diisi dan menyerahkan uang yang akan di sedekahkan.


2. Berikan Sedekah Melalui Kedai Fisabilillah

Salah satu caranya selain cara diatas adalah, dengan memberikan sejumlah uang pada kafe/kedai untuk dibuatkan sejumlah porsi makanan dan kemudian dibagikan langsung oleh penjaga kedai kepada fakir miskin. Misalnya di kota Makkah di lantai dasar pusat perbelanjaan Hotel Hilton, banyak cafeteria membuka jasa ini bahkan dari mereka sampai memasang pengumuman di depan toko “Kamu memiliki makanan untuk orang miskin sesuai pesanan Anda”


3. Hidangkan Teh atau Makanan

Jemaah cukup membeli termos dan gelas plastic di super market lalu membagikan di dalam atau sekitaran Masjidil Haram dan Masjid Nabwi, sedekah seperti ini lebih banyak dilakukan pada hari-hari puasa sunnah seperti pada hari Senin dan Kamis.


4. Mengambilkan Air Zam-zam

Sedekah ini adalah sedekah paling mudah dan banyak Jemaah yang sudah melakukannya. Sedekah ini bisa dilakukan dengan berdiam di sekitar kran air zam-zam dan membantu mengambilkan air untuk orang yang akan meminumnya.


5. Membagi Parfume

Hanya bermodalkan sebotol parfume kecil dan berdiri di depan pintu masuk di Masjidil Haram atau Masjid Nabawi, Jemaah bisa berbagi parfume kepada setiap Jemaah yang hendak masuk ke dalam masjid.

Baca Juga: Penipuan di Tanah Suci, Jemaah Hati-hati


Keutaman Sedekah

Dengan menerapkan tips di atas, Jemaah bisa memperoleh palaha berlipatganda dan keutamaan bersedekah yang bisa dirasakan, diantaranya:

1. Menghapus dosa
2. Memperoleh naungan di hari akhir
3. Memberi keberkahan dalam kehidupan
4. Melipatgandakan pahala
5. Membukakan pintu rezeki
6. Membukakan pintu menuju surga
7. Menjadi bukti keimanan seseorang
Sumber