Ternyata Sedekah Itu Tidak Hanya Uang, Bisa Juga Dengan Ini. Yuk Amalkan di Hari Jumat!
18 Oktober 2024
BAITULLAH.CO.ID – Bersedekah merupakan amalan yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Bersedekah tidak hanya membantu orang lain yang sedang kesulitan, tetapi juga mengingatkan kita bahwa sebagian dari harta yang kita miliki merupakan hak orang lain. Lebih dari itu, sedekah dapat membersihkan hati dari rasa sombong dan acuh tak acuh.

Baca Juga: Keren! Pelayanan Haji Indonesia Meningkat Pesat, Inilah Penjelasannya!

Namun, sering kali ada di antara kita yang beranggapan bahwa bersedekah harus dengan uang. Padahal, sedekah bisa dilakukan dengan berbagai cara lain yang tidak memerlukan harta benda. Berikut beberapa bentuk sedekah yang bisa dilakukan tanpa uang, yang juga dikuatkan oleh hadis Rasulullah SAW.
 

1. Sedekah Ilmu

Dengan ilmu yang kita miliki, kita bisa memberikan manfaat kepada orang lain. Ilmu termasuk salah satu bentuk manfaat yang sangat berharga. Ketika kita berbagi ilmu, itu dianggap sebagai sedekah karena kita membantu orang lain dengan memberikan pengetahuan yang mungkin dapat mengubah hidup mereka.

Rasulullah SAW bersabda:
"Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya." (HR. Ahmad dan Thabrani).
 

2. Sedekah Sosial

Bersedekah tidak selalu harus dalam bentuk materi, tetapi bisa juga dengan memberikan bantuan fisik. Contoh sederhananya adalah membantu orang tua menyeberang jalan, mengangkat barang-barang yang berat, atau bahkan sekadar menyingkirkan duri atau benda berbahaya dari jalanan. Rasulullah SAW menyebutkan bahwa bersedekah dengan tindakan fisik juga termasuk amal yang besar pahalanya.

Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW bersabda:
"Setiap ruas tulang manusia wajib bersedekah setiap hari, di mana matahari terbit. Berlaku adil antara dua orang adalah sedekah, membantu seseorang menaikkan barang-barangnya ke atas tunggangannya adalah sedekah, dan menyingkirkan duri dari jalan adalah sedekah." (HR. Bukhari dan Muslim).

CEK PAKET UMROH MURAH DISINI!!
 

3. Sedekah dengan Perkataan Baik

Rasulullah SAW juga menegaskan bahwa perkataan yang baik termasuk sedekah. Ucapan yang sopan, nasihat yang bijak, dan kata-kata penyemangat dapat memberikan dampak positif bagi orang yang mendengarnya. Dalam QS. An-Nisaa ayat 114 disebutkan bahwa salah satu bentuk sedekah adalah kata-kata yang mengarah kepada kebaikan, termasuk dalam hal mendamaikan dua orang yang sedang berselisih.
 

4. Sedekah dengan Menolong Sesama

Hadis lain menyebutkan bahwa membantu seseorang menaikkan barangnya ke atas kendaraan atau membantu mereka yang kesulitan juga dinilai sebagai sedekah. Dalam kehidupan modern, kita bisa mengartikan ini sebagai membantu siapa saja yang sedang mengalami kesulitan, baik fisik maupun mental. Setiap kebaikan yang kita lakukan untuk orang lain akan tercatat sebagai amal sedekah.
 

5. Sedekah Senyum dan Salam

Sedekah yang paling mudah dilakukan tanpa biaya dan tenaga adalah senyum dan salam. Meskipun sederhana, efek dari senyum kepada orang lain bisa sangat besar. Senyum dapat mencerahkan hari seseorang, memperbaiki suasana hati, dan menyebarkan energi positif. Rasulullah SAW mengajarkan bahwa bahkan senyum kepada saudara kita juga merupakan sedekah.

Baca Juga: Apakah Boleh Puasa Senin-Kamis, Tetapi Hanya di Hari Kamis Saja?
 
Melalui berbagai bentuk sedekah ini, Rasulullah SAW memberikan pesan bahwa tidak ada alasan bagi kita untuk tidak berbuat kebaikan. Sedekah bukanlah terbatas pada uang atau harta benda. Pintu-pintu kebaikan selalu terbuka lebar bagi siapa saja yang ingin melakukannya, dengan cara apapun yang mereka mampu. Semoga kita semua diberikan kemudahan untuk terus bersedekah dalam segala bentuknya.