Ketahui 5 Tempat Miqat Umroh, No 3 Jamaah Indonesia Sering Disini
10 November 2023

Baitullah.co.id- Bagi jamaah umroh dan haji pasti sudah tidak asing lagi bukan dengan Miqat? Miqat merupakan batas dimulainya ibadah umroh atau haji. Dalam pelaksanaan ibadah umroh dan haji miqat menjadi salah satu rukun yang pertama kali harus dilakukan sebelum jamaah memulai rangkaian ibadah di Masjidil Haram, kita wajib memakai pakaian ihram dan mengucapkan niat ibadah.

Miqat terbagi menjadi dua jenis yakni, Miqat Zamani adalah ketentuan waktu untuk melaksanakan ibadah haji yang dimulai sejak 1 Syawal hingga terbit fajar di 10 Dzulhijah. Untuk ibadah umroh, Miqat Zamani berlaku sepanjang tahun. Miqat Makani adalah ketentuan tempat dimana seseorang harus memulai niat haji atau umroh, seseorang harus mulai berniat Ihram sebelum melintas batas Tanah Haram.

Untuk tempat melakukan miqat tersebut, sudah ditetapkan oleh Rasulullah SAW, untuk kalian yang akan melakukan ibadah umroh dan haji ke Baitullah, yuk ketahui 5 tempat miqat berikut ini!

1. Dzul Hulaifah atau Bir Ali

Tempat miqat pertama yaitu Dzul Hulaifah atau Bir Ali, bagi jamaah yang datang dari kota Madinah. Tempat Miqat umroh ini jaraknya sekitar 450 KM dari Mekkah dan 12 KM dari Madinah. Untuk jamaah kloter pertama biasanya mengambil Miqat di Bir Ali.

2. Al Juhfah / Rabight

Tempat miqat kedua yaitu Al Juhfah atau Rabigh, biasanya jamaah dari Suriah, Mesir, Maroko dan daerah sekitarnya (penduduk Syam). Sayangnya ciri-ciri Al Juhfah menghilang sehingga diganti di lokasi lainnya, yaitu Rabigh. Letak miqat Rabigh adalah sekitar 183 KM dari mekkah.

 

3. Yalamlam

Tempat miqat ketiga yaitu Yalamlam, letak miqat Yalamlam adalah sekitar 54 KM dari Mekkah. Miqat yalamlam ini biasanya bagi jamaah yang berasal dari Yaman dan Asia. Jamaah Indonesia, Malaysia, bahkan negara-negara Asia lainnya biasa mengambil Miqat di Yalamlam.

Baca Juga : Rebutan Para Jamaah! Keistimewaan Hijir Ismail Tempat Beroda Paling Mustajab

4. Qarnul Manazil

Tempat miqat keempat yaitu Qarnul Manazil, letak miqat Qarnul Manazil adalah sekitar 94 KM dari Mekkah. Lokasi yang sejajar dengan Bandara King Abdul Aziz Jeddah juga bisa dijadikan tempat miqat bagi jamaah haji kloter kedua.

 

5. Zatu Irqin

Tempat miqat ketiga yaitu Zatu Irqin, miqat ini biasanya jamaah yang berasal dari Iraq dan sekitarnya. Zatu Irqin sekarang berganti nama menjadi Adh-Dharibah dan sudah tidak berpenghuni. Letak miqat zatu irqin adalah sekitar 100 KM dari sebelah timur Kota Mekkah.

 

Sumber