Bisa Turunkan Suhu, Berikut Fakta Menarik Payung Masjid Nabawi!
16 November 2023

Baitullah.co.id – Masjid Nabawi merupakan salah satu masjid terbesar di dunia yang terletak di Kota Madinah, Arab Saudi. Masjid Nabawi merupakan tempat suci ke dua setelah Masjidil Haram di Mekkah.

Pahala yang didapat saat melaksanakan Shalat di Masjid Nabawi 1.000 kali lipat dibandingkan shalat di masjid-masjid lainnya, terkecuali Masjidil Haram. Terdapat makam Nabi Muhammad SAW dan makam dua sahabatnya, yaitu Abu Bakar Ash-Shiddiq dan Umar bin Khattab di Masjid Nabawi.

Baca Juga : Pemenang Emeron Hijab Hunt 2023 Dilirik Turis, Saat Kunjungi Masjid Quba, Madinah!

Fasilitas di sekitaran kompleks Masjid Nabawi memiliki kenyamanan dan keamanan para jamaah. Salah satunya adalah payung raksasa atau yang disebut dengan payung Masjid Nabawi.

Fakta payung Masjid Nabawi ini memiliki fungsi untuk melindungi jamaah dari sinar matahari dan hujan. Bukan hanya itu, payung Masjid Nabawi juga menjadi salah satu objek favorit para Jemaah karena proses terbukannya payung Masjid Nabawi ini sangat indah dan hanya di waktu tertentu saja.

Payung Masjid Nabawi ini dibuat oleh Perusahaan Liebherr berasal dari Jerman. Sebanyak 250 payung dipasang di pelataran Masjid Nabawi. Pemasangan payung-payung ini dilakukan secara bertahap, tahap pertama sebanyak 182 payung dan tahap kedua sebanyak 68 payung.

Fakta menarik lainnya ialah pita berwarna biru pada pinggiran payung memiliki fungsi untuk menurunkan suhu hingga 8 derajat Celcius. Selain itu waktu yang dibutuhkan untuk membuka payung raksasa ini adalah 180 detik atau 3 menit. Teknologi canggih lainnya yang terdapat di payung ini terdapat 436 kipas semprot yang dipasang di sisi payung.

Kipas akan menyemprotkan 200 liter air /jam. Air yang disemprotkan ini sudah melalui dua stasiun untuk menjernihkannya. Tidak hanya menyemprotkan air, kipas angin di payung raksasa Masjid Nabawi inipun bertugas untuk melembapkan udara luar agar jamaah semakin nyaman saat berada di lingkungan Masjid Nabawi.

Sumber