5 Keutamaan Surat Al-Kahfi, Yuk Amalkan Tiap Hari Jumat!
24 November 2023

Baitullah.co.id – Surat Al-Kahfi memiliki banyak keutamaan bagi siapapun yang membacanya, surat ini diajurkan untuk dibacakan setiap hari Jumat. Di hari yang mulia ini, banyak sunnah yang dapat dikerjakan, salah satunya yaitu membaca surat Al-Kahfi. Rasulullah SAW tidak pernah melewatkan waktu di hari jumat tanpa membaca surat yang satu ini, Al-Kahfi.

Surat Al-Kahfi merupakan surat ke-18 dalam Al-Quran dan termasuk dalam golongan surat Makiyah, karena diturunkan di Kota Makkah dan terdiri dari 110 ayat. Surat Al-Kahfi merupakan satu-satunya surat yang dihubungkan dengan kata Dajjal dalam hadist Nabi Muhammad, dari Abu Darda bahwa Rasulullah SAW bersabda,

“Siapa yang menghafal 10 ayat dari awal surat Al-Kahfi, maka ia akan terpelihara dari kejahatan Dajjal. Syub’ah berkata: “Dari akhir surat Al-Kahfi.” Hammam berkata: “Dari awal surat Al-Kahfi.””(H.R Muslim)

Keutamaan Membaca Surat Al-Kahfi di Hari Jumat

Dilansir Detik.com, mengutip buku Memburu Pahala di Hari Jumat yang ditulis oleh Abu Anas Hilmy bin Muhammad bin Ismail ar-Rasyidi, berikut beberapa keutamaan surat Al-Kahfi:

1. Disinari Cahaya

Rasulullah SAW bersabda seseorang yang membaca surat Al-Kahfi di hari yang mulia ini (Jumat) akan diberkahi Cahaya antara dirinya dan ka’bah. Rasulullah bersabda yang dikutip dari Ad Darimi,

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ

Artinya: "Barangsiapa yang membaca surah Al Kahfi pada malam Jumat, dia akan disinari cahaya antara dia dan Kakbah." (Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih sebagaimana dalam Shohihul Jami' no. 6471)

2. Terhindar Drai Fitnah Dajjal

Keutamaan membaca surat Al-Kahfi yang utama adalah terhindar dari fitnah dajjal, terletak pada sepuluh ayat pertama. Hadist Rasulullah dari Abu Darda RA menyebutkan seseorang yang membaca sepuluh ayat pertama surat Al-Kahfi akan terhindar dari fitnah dajjal.

مَنْ حَفِظَ عَشْرَ آيَاتٍ مِنْ أَوَّلِ سُورَةِ الْكَهْفِ عُصِمَ مِنَ الدَّجَّالِ

Artinya: "Barangsiapa membaca sepuluh ayat pertama dari surat Al-Kahfi, maka ia akan terlindungi dari fitnah Dajjal." (H.R Ibnu Hibban)

3. Diampuni Dosa Antara Dua Jumat

Menurut hadist, sunnah membaca surat Al-Kahfi juga mengandung keutamaan berjupa ampunan dosa di antara dua Jumat bagi yang membacanya. Abdullah bin Umar RA, berkata, Rasulullah SAW bersabda,

عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: " مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِي يَوْمِ الْجُمُعَةِ، سَطَعَ لَهُ نُورٌ مِنْ تَحْتِ قَدَمِهِ إِلَى عَنَانِ السَّمَاءِ، يُضِيءُ لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ، وغُفر لَهُ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ "

Artinya: "Barang siapa yang membaca surah Al Kahfi pada hari Jumat, akan dibentangkan baginya cahaya mulai dari bawah telapak kakinya sampai ke langit. Cahaya itu akan memancarkan sinar baginya pada hari kiamat. Dan ia akan mendapatkan ampunan dari Allah di antara dua Jumat." (H.R Abu Bakr bin Mardawaih)

Baca Juga : Adam dan Hawa Bertemu di Jabal Rahmah, Bukit Kasih Sayang!

4. Terhindar Dari Gangguan Setan

Menurut ajaran Rasulullah SAW, salah satu cara melindungi diri dari godaan setan adalah dengan membaca surat Al-Kahfi pada malam Jumat atau hari Jumat. Dari Abdullah bin Mughaffal, Rasulullah bersabda,

”Sebuah rumah yang selalu dibacakan surat Al-Kahfi dan surat Al-Baqarah maka rumah itu tidak akan dimasuki setan sepanjang malam tersbeut.” (H.R Ibnu Mardawaih)

5. Pengingat Hari Kiamat

Surat Al-Kahfi juga jadi pengingat kita terhadap hari kiamat. Hal ini tertulis dalam surat Al-Kahfi ayat 47 yang berbunyi,

وَيَوْمَ نُسَيِّرُ ٱلْجِبَالَ وَتَرَى ٱلْأَرْضَ بَارِزَةً وَحَشَرْنَٰهُمْ فَلَمْ نُغَادِرْ مِنْهُمْ أَحَدًا

Artinya: "Dan (ingatlah) akan hari (yang ketika itu) Kami perjalankan gunung-gunung dan kamu akan dapat melihat bumi itu datar dan Kami kumpulkan seluruh manusia, dan tidak kami tinggalkan seorangpun dari mereka."

 

Itulah beberapa keutamaan surat Al-Kahfi, surat ini dapat dibaca pada malam atau hari Jumat agar mendapatkan pahala dan menjadi amalan kelak diakhirat.

Sumber
Detik.com