Dahsyat! Makkah ke Madinah hanya 2,5 Jam Naik Kereta Cepat Haramain Express
04 Desember 2023

Baitullah.co.id- Membahasa tentang kemajuan teknologi tidak akan pernah ada habisnya. Tak bisa dipungkiri, kemajuan teknologi ini membuat kemudahan kepada Manusia. Kemudahan teknologi ini sudah bisa kita rasakan manfaatnya di berbagai segi kehidupan sosial dan Masyarakat. Salah satunya Haramain High Speed Railway atau Kereta Cepat Haramain. Transportasi ini membuat jarak tempuh Madinah – Mekkah ditempuh hanya dengan waktu 2,5 jam. Dilansir dari detikHikmah bersama rombongan Maktour menikmati kenyamanan dan kecepatan kereta ini saat melakukan perjalanan dari Makkah menuju Madinah.

Kereta Cepat Haramain ini memang melaju dengan sangat cepat, top speednya hingga 300km/jam. Dengan kecepatannya itu, jarak Madinah ke Makkah diperkirakan kurang lebih 350km kini bisa ditempuh hanya dengan waktu 2 jam dan 20 menit. Menggunakan kereta cepat Haramain ini tentu saja lebih efektif dibanding menggunakan bus. Jika para jamaah menggunakan bus, dua kota suci ini akan ditempuh dengan waktu 6-8 jam perjalanan.

Fakta-fakta Kereta Cepat Haramain Express

  • Rute Perjalanan Kereta Cepat Haramain

Jalur Makkah ke Madinah yang dilewati kereta cepat ini sejauh 449,2 km. Untuk rutenya sendiri tidak langsung Makkah-Madinah, melainkan mampir dulu ke Jeddah. Ada juga tambahan jalur sepanjang 3,75 km yang tersambung ke Bandara King Abdulaziz International Airport.

Terdapat lima stasiun yang dilewati oleh Kereta Cepat Haramain ini, antara lain adalah

  1. Stasiun Madinah
  2. Stasiun King Abdullah Economic City di Rabigh
  3. King Abdulaziz International Airport
  4. Stasiun Jeddah
  5. Stasiun Makkah

Baca Juga : Motor Listrik Membuat Ibadah di Masjidil Haram Semakin Mudah!

  • Harga Tiket Kereta Cepat Haramain

Untuk harga tiket Kereta Cepat Haramain ini dibagi menjadi dua, yaitu harga tiket Ekonomi Haramain Express diharga 150 Riyal (Rp 606.000). Sedangkan untuk harga tiket Kelas Bisnis Haramain Express diharga 315 Riyal (Rp 1.273.000)

Menggunakan Kereta Cepat Haramain Express ini sangat efektif dibanding menggunakan bus yang sampai tiga kali lebih lama, untuk menempuh jarak sejauh 350Km. Maka tak heran kalau banyak rombongan haji plus yang kemudian memilih alat transportasi ini.

Sumber