Kemewahan 12 Ribu Cahaya Masjidil Haram
12 Desember 2023

Baitullah.co.id – Masjdil Haram adalah salah satu masjid terbesar di Dunia, letaknya di Mekkah, Arab Saudi. Masjid ini terkenal karena terdapat ka’bah yang menjadi arah kiblat seluruh umat muslim diseluruh penjuru dunia. Masjidil Haram ini dijadikan tempat ibadah umat muslim, untuk melaksanakan ibadah haji dan umroh. Tidak bisa dibayangkan seindah apa Masjidil Haram ini. Para jamaah yang sedang melaksanakan ibadah di Masjdil Haram ini dapat merasakan kemewahan 12 ribu Cahaya lampu yang bisa dipandangi selama berada disana.

Melansir Saudi Gazette, Kamis (29/4/2021), kemewahan lampu di Masjidil Haram merupakan hasil produksi custom. Hal itu disebut sebagai tanda perhatian dari otoritas Dua Masjid Suci.

Lampu-lampu itu ditempatkan di halaman, minaret dan area sekitar Masjdil Haram, guna untuk memberikan suasana nyaman kepada para jamaah yang sedang melaksanakan ibadah.

Baca Juga : Keunikan Kubah Hijau Masjid Nabawi, Makam Nabi Terdapat Di Bawahnya!

Menurut Saudi Press Agency (SPA), Rabu (28/4/2021), pencahayaan ini dilengkapi dengan 304 lampu chandelier dengan bermacam bnetuk dan ukuran di area perluasan Masjidil Haram kedua dan lebih dari 1.000 unit lampu dipasangkan di pilar dan dinding luar masjid.

Amer bin Awad Al-Luqmani, pejabar operasional dan maintenance di Masjdil Haram, mengatakan bahwa unit pencahayaan di masjid ini terkoneksi dengan stasiun kontrol khusus.

Menyinari Lafadz Allah

Kemewahan 12 Ribu Cahaya Masjidil Haram

Beberapa unit pencahayaan di Masjdil Haram ini digunakan untuk menyinari lafadz Allah di pilar atas dari gerbang lengkung yang berada di dalam masjid. Sedangkan untuk dibagian luar, pencahayaan ini berada di seluruh halaman, minaret pada masjid dan area sekitar masjid.

Tiap unit Cahaya lampu ini memiliki daya 2.000 Watt yang menambah keindahan pada masjid ini. lampu-lampu ini diurus secara khusus oleh tim maintenance dan teknis, yang Dimana tim tersebut mengecek setiap point Cahaya di dalam dan di luar masjid dan mengevaluasi efisiennya.

Pencahayaan yang terlalu terang bisa membuat penglihatan terganggu, jika kurang cahayapun membuat para jamaah kesulitan dalam melihat. Sebab itu lampu-lampu di masjid ini dibuat dengan sistem keseimbangan cahaya, agar para jamaah bisa nyaman saat beribadah.

Sumber