Bingung Mau Bersedekah Apa Selama Haji dan Umroh? Ini Bisa Kalian Lakukan
18 Desember 2023

Baitullah.co.id – Seperti yang kita ketahui bahwa segala sesuatu yang dilakukan di tanah suci itu dilipatgandakan pahala amal shalihnya dan dilipatgandakan dosa dari kemaksiatan. Salah satu amal shalih yang bisa lakukan disana adalah bersedekah yang memiliki banyak keutamaan.

Lalu bagaimana cara kita untuk bersedekah di Tanah Suci? Sementara di Masjid Haram tidak menyediakan kontak infak di dalam masjid. Berikut beberapa cara bersedekah yang bisa dilakukan di Tanah Suci

Sedekah Uang

Sedekah yang pertama adalah sedekah uang. Sedekah uang bisa kepada siapa saja. Atau bisa kepada penjaga/marbot Masjid. Sedekah ini bisa dilakukan setiap selesai melaksanakan shalat fardhu di Masjdil Haram, atau ketika sedang jalan-jalan disekitaran daerah Masjidil Haram. Atau kalian bisa melalui Lembaga penyalur zakat, infaq dan sedekah di sekitar Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Jika tertarik menyalurkan sedekah ini, kalian bisa datang ke stand Yayasan di sekitaran pusat perbelanjaan seperti Abraj Al-Bait Commercial Center. Ketika berada disana, kalian akan dimintai untuk mengisi formulir lalu menyerahkan uang tunai yang disedekahkan.

 

Sedekah Sabilillah

Sedekah yang kedua adalah sedekah sabilillah. Sedekah sabilillah ini bisa kepada fakir miskin boleh sedekah makanan dan minuman. Di Tanah Suci, sedekah makanan biasanya dikenal dengan sebutan ‘sabil’ atau ‘sabilillah’ (sedekah yang diberikan di jalan Allah). Atau cara lain adalah dengan memberikan sejumlah uang kepada café atau kedai untuk dibuatkan sejumlah porsi makanan dan kemudian dibagikan langsung oleh penjaga kedai kepada fakir miskin.

Baca Juga : Fakta Menarik! Batu Surga Hajar Aswad, Ternyata Pernah Dicuri, Benarkah?

Sedekah Kepada Anak Kecil

Sedekah yang ketiga adalah sedekah kepada anak kecil. Sedekah ini bisa dilakukan ketika kita sedang menunggu untuk melaksanakan shalat fardhu atau ketika sedang berjalan-jalan di sekitaran Masjidil Haram. Ketika kita bertemu anak kecil, sedekah permen, coklat, atau bahkan biskuit ini bisa dilakukan.

 

Sedekah Kepada Jamaah Lain

Sedekah yang keempat adalah sedekah kepada jamaah lain. Cara ini bisa dilakukan dengan berdiam diri disekitaran gallon-galon air zam-zam dan membantu mengambilkan air untuk orang yang akan meminumnya. Atau ketika kita punya makanan atu cemilan-cemilan lainnya bisa kita bagikan juga kepada para jamaah lainnya.

Sumber