5 Juta Jamaah Mengunjungi Masjid Nabawi Dalam Satu Minggu, Bahkan Lebih
22 Desember 2023

Baitullah.co.id – Masjid Nabawi adalah salah satu masjid yang berada di Tanah Suci, Madinah, Arab Saudi. Masjid yang memiliki keunikan tersendiri membuat para jamaah umrah dan haji betah berlama-lama didalamnya. Payung Raksasa menjadi cari khas dari Masjid ini, beribu-ribu jamaah menunggu moment untuk meilihat payung ini terbuka pada saat matahari terbit. Tidak hanya itu, Masjid ini juga memiliki ciri khas lain yakni kubahnya yang dapat terbuka, membuat para jamaah terpukau meilihat moment langka ini. Pasalnya kubah ini hanya terbuka di beberapa waktu saja tidak selamanya terbuka. Kedua ciri khas Masjid ini yang membuat para jamaah betah berlama-lama ibadah disini.

Dilansir Saudi Gatte, Minggu,(17/12/2023) Masjid Nabawi menyambut para jamaah sekitar 5.119.000 banyaknya pada 2 minggu yang lalu, antara tanggal 8 dan 15 Desember. Otoritas Umum untuk Urusan Masjid Nabawi secara efektif mengatur dan memfasilitasi masuknya 501.938 pengunjung ke makam Nabi Muhammad dan 235.341 jamaah melaksanakan ibadah tersebut. shalat di Al-Rawdah Al-Sharifah yang dihormati.

5 Juta Jamaah Mengunjungi Masjid Nabawi Dalam Satu Minggu, Bahkan Lebih
                                                                        Sumber Foto : Saudi Gazette

Otoritas melaporakan layanan komprehensif bagi pengunjung masjid.

Khususnya, 15.295 lansia dan individu berkebutuhan khusus mengakses situs yang ditentukan, sementara layanan penerjemahan dalam berbagai bahasa dimanfaatkan oleh 87.446 orang dari berbagai negara.

Baca Juga : Arab Saudi Luncurkan Sistem Visa Terpadu, Guna Permudah Turis Hingga Jemaah Haji

Selain itu, perpustakaan masjid menarik 13.584 pengunjung, 4.783 orang menjelajahi pameran dan museum, serta 8.638 orang memanfaatkan layanan telepon dan saluran komunikasi lainnya.

Pihak berwenang mendistribusikan lebih dari 111.600 botol air Zamzam, menyediakan 92.992 makanan berbuka puasa dan memberikan 42.125 hadiah kepada jamaah dan pengunjung.

Sumber