Ikhtiar Menabung untuk Menuju Baitullah
15 November 2022
Baitullah.co.id – Untuk mewujudkan impian Anda untuk pergi ke Baitullah, Anda harus tahu bagaimana cara menabung untuk umroh.

Hal tersebut penting untuk dilakukan karena untuk pergi menjalankan ibadah umroh, ada biaya yang harus Anda bayarkan, seperti misalnya untuk akomodasi, penerbangan, serta biaya jasa perusahaan penyedia layanan umroh.

Belum lagi biaya pribadi yang akan Anda keluarkan selama berada di tanah suci. Berikut ini adalah cara-cara yang bisa Anda tempuh untuk mengumpulkan biaya umroh sesuai dengan syariat Islam. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan berikut ini!

1. Membuka Rekening Khusus Biaya Umroh
Membuka rekening khusus untuk biaya ibadah umroh menjadi salah satu cara menabung untuk umroh yang cukup efektif untuk dilakukan. Kini terdapat bank syariah yang memberikan pelayanan untuk simpanan haji dan umroh.

Hal pertama yang harus Anda lakukan saat memutuskan membuka rekening khusus biaya umroh adalah menentukan perkiraan dana yang Anda butuhkan untuk pembiyaan umroh. Kemudian tentukan jangka waktu menabung sampai bisa memenuhi target dana yang ingin Anda capai.

Nantinya biaya per bulan yang Anda setorkan sebagai tabungan akan disesuaikan dengan jangka waktu yang sudah Anda tentukan. Misalnya, jika Anda menargetkan dana Rp 30 juta untuk jangka waktu 3 tahun, maka setiap bulannya Anda harus menabung di bank tersebut sebesar Rp 800 ribu.

2. Gunakan Pembiayaan Umroh
Solusi lain yang dapat Anda lakukan untuk mengumpulkan dana pembiyaan umroh adalah dengan mengajukan kredit tanpa agunan (KTA) umroh. Prinsip pembiayaan umroh ini sebenarnya hampir sama dengan cara menabung untuk umroh di bank syariah, yang membedakan adalah Anda bisa berangkat umroh terlebih dulu sebelum melunasi biaya umroh yang dibutuhkan.

3. Buat Pos Biaya Umroh
Agar dana pembiayaan umroh segera terkumpul, Anda perlu membuat pos-pos pengeluaran setiap bulannya. Dengan membagi pengeluaran tersebut ke dalam beberapa pos, seperti misalnya pos tagihan bulanan, kebutuhan sehari-hari, asuransi, investasi, dan juga tabungan umroh, Anda akan punya prioritas untuk memenuhi dana umroh yang dibutuhkan.

4. Menghemat Pengeluaran Untuk Hal-Hal yang Kurang Penting
Untuk mewujudkan impian Anda menjalankan ibadah umroh ke tanah suci, maka mulai sekarang Anda harus pandai-pandai menghemat pengeluaran untuk hal-hal yang dirasa kurang perlu, seperti untuk biaya hiburan ataupun shopping. Dengan melakukan penghematan, Anda dapat mengalokasikan dana tersebut untuk dimasukkan ke pos pembiayaan umroh.

5.Menabung dengan Jumlah yang Lebih Banyak
Untuk mengantisipasi kenaikan biaya umroh yang sewaktu-waktu dapat terjadi, Anda perlu menabung dengan jumlah yang lebih banyak dari yang ditentukan sebelumnya.

Perkiraan biaya umroh yang resmi dikeluarkan oleh pihak Kementrian Agama adalah kurang lebih Rp 20 juta, namun sewaktu-waktu biaya tersebut bisa saja mengalami naik. Jadi, mulai sekarang tak ada salahnya untuk menabung lebih banyak untuk berjaga-jaga kenaikan biaya umroh yang bisa terjadi kapan saja.

6. Menabung di Perusahaan Travel Umroh
Bagi Anda warga Jogja dan sekitarnya, kini ada beberapa perusahaan travel umroh Jogja yang menawarkan fasilitas tabungan umroh. Caranya adalah Anda perlu membayarkan uang muka untuk biaya pendaftaran calon jamaah umroh.

Selanjutnya, Anda harus menabung sampai mencukupi biaya umroh uang dibutuhkan. Besarnya tabungan yang harus Anda setorkan harus disesuaikan dengan biaya umroh terbaru. Untuk itu, penting bagi Anda memastikan legalitas dan rekam jejak perusahaan travel umroh yang Anda pilih tersebut.

7. Menjalankan Investasi Syariah
Menjalankan investasi syariah juga bisa jadi alternatif menabung untuk biaya umroh. Kini terdapat berbagai instrumen investasi syariah, seperti misalnya reksa dana syariah, property syariah, surat berharga syariah negara, serta emas. Dari berbagai macam instrument investasi syariah tersebut, yang paling baik untuk menabung biaya umroh adalah emas. Emas memiliki harga yang cukup stabil sehingga tidak mudah mengalami penurunan.

Itulah beberapa tips cara menabung untuk umroh yang bisa Anda lakukan mulai sekarang.
Sumber