Arab Saudi Mulai Mendaftarkan Jemaah Asing Untuk Ibadah Haji 2024
26 Desember 2023

Baitullah.co.id – Dilansir Saudi Gazette, Senin (25/12/23), mengatakan bahwa Arab Saudi mengumumkan pada hari Senin bahwa mereka telah memluai pendaftaran resmi jamaah haji asing untuk Haji 2024. “Jemaah haji Muslim dari seluruh dunia kini dapat mendaftar bersama keluarganya untuk haji 1445/2024 melalui aplikasi Nusuk Haji di bawah naungan Kementerian Haji dan Umroh.” Ungkap Pusat Komunikasi Internasional (CIC), di bawah Kementerian Media.

Jamaah haji dari benua Asia, Afrika, Eropa, Amerika Utara, Amerika Selatan dan Oceania dapat mengajukan untuk pelaksanaan ibadah haji melalui aplikasi Nusuk Haji. Informasi lebih lengkap mengenai pendaftaran dapat diperoleh di website haji.nusuk.sa.

Haji Nusuk adalah pintu gerbang menuju perjalanan seumur hidup. Ini adalah platform one-step-shop yang diawasi oleh Kementerian Haji dan Umroh. Ia menawarkan kepada jamaah berbagai paket haji yang ditawarkan oleh penyedia layanan resmi, memastikan pengalaman spiritual seumur hidup yang lancar.

Para jamaah Haji dan Umroh dapat mendaftarkan nama mereka melalui situs web setelah membuat akun pribadi dengan memberikan Alamat email dan memilih negara tempat tinggal saat ini dari daftar yang tersedia, yang mencakup semua negara yang dilayani untuk haji 2024.

Baca Juga : Demi Menjamin Kenyaman Para Jamaah, Otoritas Umum untuk Perawatan Dua Masjid Suci Memanfaatkan Semua Layanan, Apa Saja?

Ibadah Umroh dan Haji ini merupakan rukun islam yang kelima, adalah suci dan wajib bagi setiap muslim dewasa yang mampu. Sama seperti amalan penting lainnya dalam Islam, haji hadir dengan serangkaian ritualnya sendiri yang harus diikuti dengan tekun selama perjalanan suci ini.

Harus diperhatikan bahwa haji tahun 2023 merupakan ibadah tahunan berkapasitas penuh pertama pada periode pasca pandemi. Sebanyak 1.845.045 jamaah, terdiri dari 1.660.915 jamaah asiang dan 184.130 jamaah dalam negeri, melaksanakan ibadah haji terakhir. Diantaranya, jumlah jemaah laki-laki sebanyak 969.694 orang dan jumlah jemaah perempuan mencapai 875.351 orang. Jumlah jamaah haji dari negara-negara Asia berjumlah 1.056.317 orang atau mencakup 63,5 persen, sedangkan jumlah jamaah haji dari negara-negara Arab berjumlah 346.214 orang atau mewakili 21 persen dari total jamaah haji.

Sumber