Sahur Penuh Berkah Dengan Doa yang Dibaca Rasulullah SAW
01 Maret 2024
BAITULLAH.CO.ID – Sahur adalah salah satu amalan yang harus dilakukan ketika hendak akan melaksanakan puasa pada bulan Ramadhan, dan hal ini yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Sahur merupakan makanan atau minuman yang dikonsumsi pada waktu sahur sebelum waktu subuh. Hukum makan sahur adalah sunnah muakkad atau sunna yang dikuatkan untuk dilakukan.  Berikut doa sahur yang dibaca Rasulullah SAW agar penuh berkah.

Baca Juga : Hukum Ziarah Kubur sebelum Puasa Ramadhan? Begini Penjelasannya

Rasulullah SAW mencontohkan sejumlah doa yang bisa dibaca pada saat sahur. Dikutip dari kitab Al Adzkar karya Imam an-Nawawi yang diterjemahkan oleh Abu Firly Bassam Taqiy, pada saat dalam perjalanan dan tiba saat waktu sahur, Rasulullah SAW mengucapkan doa sebagai berikut, yang dimana doa ini peringatan untuk berdzikir dan berdoa pada waktu sahur.

سَمِعَ سَامِعٌ بِحَمْدِ اللهِ وَحُسْنِ بَلَائِهِ عَلَيْنَا، رَبَّنَا صَاحِبْنَا وَأَفْضِلْ عَلَيْنَا، عَائِذًا بِاللهِ مِنَ النَّارِ

Artinya: "Semoga ada yang mendengar yang menyampaikan pujian kepada Allah, dan cobaan-Nya yang baik kepada kami. Wahai Tuhan kami, lindungilah kami dan berilah kami karunia dengan berlindung kepada Allah dari api neraka." (HR Muslim, Abu Dawud, an-Nasa'i dalam Al-Yaum wa Al-Lailah, dan Hakim dalam Al-Musadrak)

Tidak hanya itu Rasulullah SAW pernah mengajarkan doa untuk dibaca pada pagi dan petang. Doa ini terdapat dalam kitab Sunan Abu Dawud dan Sunan Tirmidzi dari Abu Hurairah RA dan dinyatakan shahih. Berikut bacaannya,

اللَّهُمَّ فَاطِرَ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ، عَالِمَ الغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ، رَبَّ كُلِّ شَيْءٍ وَمَلِيْكَهُ، أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ نَفْسِي وَشَرِّ الشَّيْطَانِ وَشِرْكِهِ

Artinya: "Ya Allah, wahai Pencipta langit dan bumi, wahai Yang Mengetahui, yang gaib dan alam nyata, wahai Rabb segala sesuatu dan Yang menguasainya, aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Engkau, aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan diriku dan kejahatan setan serta gangguannya."

Baca Juga : Ingin Diberikan Rezeki yang Berlimpah? Amalkan Doa Ini Setelah Shalat Subuh

Banyak juga amalan yang dapat dilakukan pada saat waktu sahur, sambil menunggu waktu subuh. Waktu ini bisa dimanfaatkan dengan membaca Al-Quran, Shalat Tahajud, berdzikir dan masih banyak lainnya. Seperti yang kita ketahui bahwa bulan suci Ramadhan ini merupakan bulan yang penuh berkah, maka lakukanlah hal-hal yang baik. dan tidak lupa berdoa agar diberi kesehatan dan bisa berjumpa dengan Ramadhan berikutnya.
Sumber