Tanda Kiamat Dengan Terbitnya Matahari Dari Arah Barat, Begini Dalilnya
08 Oktober 2024
BAITULLAH.CO.ID – Salah satu tanda besar kiamat yang disebutkan dalam Islam adalah terbitnya matahari dari arah barat. Fenomena ini menjadi salah satu petunjuk yang menunjukkan bahwa waktu untuk pertobatan sudah berakhir dan tanda-tanda akhir zaman semakin mendekat.

Baca Juga: Terinspirasi dari Home Sweet Loan, Ternyata Begini Hadits Rasulullah Tentang Menabung

Kiamat adalah hari yang ditentukan Allah untuk mengakhiri kehidupan di bumi dan mengadili semua makhluk-Nya. Dalam Surah Al-An'am Ayat 158 Allah SWT berfirman,

هَلْ يَنْظُرُوْنَ اِلَّآ اَنْ تَأْتِيَهُمُ الْمَلٰۤىِٕكَةُ اَوْ يَأْتِيَ رَبُّكَ اَوْ يَأْتِيَ بَعْضُ اٰيٰتِ رَبِّكَ ۗيَوْمَ يَأْتِيْ بَعْضُ اٰيٰتِ رَبِّكَ لَا يَنْفَعُ نَفْسًا اِيْمَانُهَا لَمْ تَكُنْ اٰمَنَتْ مِنْ قَبْلُ اَوْ كَسَبَتْ فِيْٓ اِيْمَانِهَا خَيْرًاۗ قُلِ انْتَظِرُوْٓا اِنَّا مُنْتَظِرُوْنَ ١٥٨

Artinya: "Yang mereka nanti-nantikan hanyalah kedatangan malaikat kepada mereka, kedatangan Tuhanmu, atau sebagian tanda-tanda dari Tuhanmu. Pada hari datangnya sebagian tanda-tanda Tuhanmu tidak bermanfaat lagi iman seseorang yang belum beriman sebelum itu atau (belum) berusaha berbuat kebajikan dalam masa imannya itu. Katakanlah, "Tunggulah! Sesungguhnya Kami pun menunggu."

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram, menafsirkan maksud firman Allah SWT tersebut adalah matahari terbit dari barat.
 

Dalil Mengenai Terbitnya Matahari dari Barat

Hadits Rasulullah SAW Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda: "Tidak akan datang kiamat hingga terbit matahari dari arah barat. Jika itu terjadi, maka pintu tobat akan ditutup." (HR. Muslim).

Meskipun fenomena ini belum terjadi, banyak ahli astronomi menjelaskan bahwa perubahan arah rotasi bumi dapat menyebabkan terbitnya matahari dari arah barat. Ini menambah kepercayaan akan kebenaran ajaran Islam mengenai tanda-tanda kiamat.

Baca Juga: 5 Kesalahan dalam Berdoa yang Harus Dihindari oleh Muslim
 
Tanda terbitnya matahari dari barat adalah salah satu kebesaran Allah sebagai peringatan tentang datangnya hari kiamat. Dalil dari hadits Rasulullah SAW menegaskan bahwa fenomena ini adalah bagian dari tanda-tanda akhir zaman. Sebagai umat Muslim, kita diingatkan untuk selalu bersiap dan meningkatkan ibadah kita sebelum waktu yang ditentukan tiba. Semoga kita termasuk dalam hamba-hamba-Nya yang mendapatkan rahmat dan ampunan-Nya.
Sumber