Jemaah Umrah Jaga Kesehatan, Imbauan Pakai Masker dan Cuci Tangan Selama Ibadah
29 Agustus 2024
BAITULLAH.CO.ID – Dilansir dari Detikhikmah, Kamis (29/08/2024). Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi mengingatkan semua jemaah umrah untuk selalu mengenakan masker wajah saat berada di Masjidil Haram. Penggunaan masker yang bersih dan kering sangat penting untuk melindungi diri sendiri serta orang lain dari kemungkinan penularan penyakit. Selain itu, jemaah juga diminta untuk rutin mencuci tangan guna menjaga kebersihan dan mencegah penyebaran penyakit.

Baca Juga: Kisah Umar bin Khattab yang Ingin Membunuh Rasulullah SAW, Berakhir Masuk Islam

"Jemaah yang terhormat, pastikan umrah Anda aman dan sehat dengan mengenakan masker selama menjalankan ibadah untuk melindungi diri Anda dan orang-orang di sekitar Anda," Menurut pengumuman terbaru dari Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi melalui platform X.

Selain menjaga kesehatan dengan memakai masker dan mencuci tangan, jemaah disarankan untuk menghindari kontak langsung dengan orang yang terlihat sakit dan tidak meminjamkan barang pribadi kepada mereka. Langkah ini penting untuk mengurangi risiko penularan penyakit menular, terutama di tempat-tempat yang padat seperti saat umrah.

"Di tempat berkumpul yang padat penduduk seperti saat umrah, terdapat peningkatan risiko gangguan pernapasan penyakit menular. Oleh karena itu, disarankan untuk benar-benar mematuhi penggunaan masker yang bersih dan kering, sering mencuci tangan,” tambahnya.

Untuk menjaga kualitas makanan, jemaah harus memastikan bahwa makanan yang dikonsumsi bersih dari kontaminasi. Meskipun fasilitas umrah sudah berupaya memastikan keamanan pangan, tetap penting untuk berhati-hati. Jemaah lansia juga disarankan untuk menghindari paparan sinar matahari langsung dan cukup minum air mineral agar tetap terhidrasi.

Persiapan fisik sebelum berangkat ke Tanah Suci juga sangat dianjurkan. Meningkatkan stamina dengan banyak berjalan dan memastikan istirahat yang cukup akan membantu jemaah menjalani ibadah dengan lebih nyaman. Sebelum beribadah, konsumsi makanan yang ringan dan gunakan sunblock atau krim pelindung wajah untuk melindungi kulit dari sinar matahari.

Baca Juga: Larangan-Larangan di Tanah Haram dan Batas Suci Makkah-Madinah

Dengan mengikuti panduan ini, diharapkan jemaah umrah dapat melaksanakan ibadah dengan aman dan nyaman, serta menjaga kesehatan selama berada di Tanah Suci.
Sumber