Hadits Tentang Adab Menurut Islam
23 Januari 2024
BAITULLAH.CO.ID – Islam itu indah, segala sesuatu memiliki adabnya tersendiri. Tujuannya supaya kehidupan manusia dapat berjalan dengan baik, adab ini ada kaitannya dengan perilaku mulia dan akhlakul karimah.

Adab lebih tinggi kedudukannya daripada ilmu. Dijelaskan dalam buku Adab dan Doa Sehari-hari untuk Muslim Sejati oleh Toriq aziz, orang cerdas yang tidak beradab dapat melakukan keburukan, kemaksiatan, dan kesewenang-wenangan.

Dilasir dari detikHikmah, Berkut sejumlah hadits tentang adab yang menurut Islam

  1. Adab Dalam Memberi Salam
Sabda Rasulullah SAW dalam sebuah hadits yang berbunyi,
"Kamu memberi makan, menebarkan salam baik terhadap orang yang kamu kenal maupun terhadap orang yang tidak kamu kenal." (HR Bukhari)

  1. Adab Dalam Bertetangga
Terkait adab bertetangga juga dijelaskan dalam hadits Riwayat Muslim, yang berbunyi,
"Demi Allah yang jiwaku berada di tangan-Nya, tidak sempurna keimanan seseorang hingga ia menyukai bagi tetangganya apa yang ia sukai bagi dirinya." (HR Muslim)

  1. Adab Ketika Menguap
Dari Abu Hurairah RA, Nabi Muhammad SAW bersabda:
"Menguap itu berasal dari setan. Oleh karena itu, apabila seorang di antara kalian menguap, maka tahanlah semampunya." (HR Muslim)

Baca Juga : Pendingin Udara Terbesar di Dunia, Ada di Masjidil Haram

  1. Adab Dalam Berteman
Rasulullah SAW bersabda dalam hadits yang diriwayatkan Ibnu Majah,
"Jika kalian bertiga, maka janganlah dua orang dari kalian berbisik tanpa menyertakan orang ketiga, sebab hal itu akan membuatnya sedih." (HR Ibnu Majah)

  1. Adab Ketika Buang Hajat
Nabi Muhammad SAW melarang umatnya membuang hajat di tempat yang sering dilalui oleh orang-orang. Hal ini termasuk ke dalam adab ketika buang hajat yang diriwayatkan oleh Muslim.
"Hati-hatilah dengan al la'nain (orang yang dilaknat oleh manusia)!" Para sahabatnya lantas bertanya, "Siapa itu al la'nain wahai Rasulullah?" Beliau bersabda, "Mereka adalah orang yang buang hajat di jalan dan tempat bernaungnya manusia." (HR Muslim)

  1. Adab Mengucap Salam
Saat bertemu dengan saudara, seorang muslim hendaknya mengucap salam terlebih dahulu. Ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW yang tergolong sebagai adab mengucap salam dalam Islam,
"Bila seorang berjumpa dengan saudaranya sesama muslim, hendaknya ia mengucapkan: Assalaamu'alaikum warrahmatullaah (semoga keselamatan dan rahmat Allah atasmu)." (HR Ahmad)
Sumber