Memiliki Tinggi 30 Meter, Tinggi Nabi Adam AS Postur Tubuh Penghuni Surga
29 Januari 2024
BAITULLAH.CO.ID – Nabi Adam As selain menjadi manusia pertama di muka bumi ini, ternyata tinggi Nabi Adam As sebagai ciri fisik yang dimiliki oleh para penghuni surga kelak. Berapa tinggi Nabi Adam As sebenarnya?
Tinggi Nabi Adam As sebagaimana oleh Rasulullah SAW dalam haditsnya. Hadits berikut dikisahkan dari Abu Hurairah RA,

خَلَقَ اللَّهُ آدَمَ وَطُولُهُ سِتُّونَ ذِرَاعًا، ثُمَّ قَالَ: اذْهَبْ فَسَلِّمْ عَلَى أُولَئِكَ مِنْ الْمَلاَئِكَةِ، فَاسْتَمِعْ مَا يُحَيُّونَكَ تَحِيَّتُكَ وَتَحِيَّةُ ذُرِّيَّتِكَ. فَقَالَ: السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ. فَقَالُوا: السَّلاَمُ عَلَيْكَ وَرَحْمَةُ اللَّهِ. فَزَادُوهُ: وَرَحْمَةُ اللَّهِ. فَكُلُّ مَنْ يَدْخُلُ الْجَنَّةَ عَلَى صُورَةِ آدَمَ، فَلَمْ يَزَلْ الْخَلْقُ يَنْقُصُ حَتَّى الآنَ

Artinya: “Allah telah menciptakan Adam AS berdasarkan bentukNya, tingginya 60 hasta. Kemudian (Allah) berfirman, "Pergilah dan memberi salamlah kepada para malaikat itu, dan dengarkanlah mereka memberi hormat kepadamu. Itulah kehormatanmu dan keturunanmu.

Lalu, (Adam) mengucapkan, "Assalamualaikum," maka, (para malaikat) mengucapkan, "Assalamualaika wa rahmatullah," (para malaikat) menambahkan 'warrahmatullahi,'

Maka, setiap orang yang masuk surga serupa dengan Adam (dalam hal perawakan/postur dan gambaran), dan manusia itu senantiasa bertambah kecil sampai sekarang," (HR Bukhari, Muslim, dan Ahmad)

Baca Juga : Aturan Baru Masuk Raudhah, Jemaah Wajib Scan Barcode

Berdasarkan keterangan hadits di atas, tinggi Nabi Adam As diketahui sebesar 60 hasta atau 30 M. Hasta adalah satuan ukuran yang biasa digunakan oleh orang arab.

Dilasir dari Detikedu, menurut buku Mujizat Hadits Nabi yang ditulis oleh Dana Nur, 60 hasta bila dikonversi ke dalam ukuran meter maka ukurannya kurang lebih mencapai 27,4320 meter  yang kemudian dibulatkan menjadi 30 meter.

Baca Juga : Nabi Adam Meminta Kepada Allah SWT 40 Tahun Umurnya Diberikan Kepada Nabi Daud, Berikut Kisahnya – Part 2

Tinggi Nabi Adam As, Postur Tubuh Penghuni Surga

Rasulullah SAW mengabarkan bahwa postur tubuh penghuni surga menyesuaikan dengan nenek moyang mereka yakni Nabi Adam As. Abu Hurairah RA mengutip perkataan Rasulullah SAW, bunyi hadits sebagai berikut,
"Sesungguhnya tinggi badan para penghuni surga ketika mereka memasuki surga adalah 60 hasta, seperti pohon kurma yang tinggi. Mereka makan buah-buah (pohon) di surga sambil berdiri," (HR Abu Naim).
Sumber