Rasakan Hikmah Shalat Dhuha Tiap Harinya
02 Februari 2024
BAITULLAH.CO.ID – Shalat Sunnah Dhuha ini sering disebut dengan shalat sunnah untuk menarik rezeki, dan sebagai shalat awwabin dalam beberapa hadits. Banyak sekali manfaat yang bisa kita rasakan dibalik pahala shalat Dhuha salah satunya seperti yang sudah dibahas diatas, untuk menarik rezeki, memberi kesehatan dan dipermudah dalam urusannya, lain sebagainya.

Shalat Dhuha merupakan shalat yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW, maka kita sebagai seorang muslim semestinya menjalankan anjuran-anjuran yang telah diberikan oleh Rasul kita. Diriwayatkan oleh Bukhari, no. 1178, dan Muslim, no. 721, dari Abu Hurairah radhiallahu anhu, dia berkata,

أَوْصَانِي خَلِيلِي بِثَلَاثٍ لا أَدَعُهُنَّ حَتَّى أَمُوتَ : صَوْمِ ثَلاثَةِ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ، وَصَلاةِ الضُّحَى، وَنَوْمٍ عَلَى وِتْرٍ

“Kekasihku (Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam) telah berwasiat kepadaku tentang tiga perkara agar jangan aku tinggalkan hingga mati; Puasa tiga hari setiap bulan, shalat Dhuha dan tidur dalam keadaan sudah melakukan shalat Witir.”

Hikmah Shalat Dhuha

Dilasir dari gontor.ac.id terdapat 6 hikmah shalat Dhuha yang bisa kita rasakan manfaatnya semasa hidup hingga Tabungan kita di akhirat kelak,

1. Dibuatkan Istana di Surga
Nabi Muhammad SAW dalam hadits riwayat Tirmidzi dan Ibnu Majah bersabda mengenai keutamaan shalat Dhuha 12 rakaat. Bagi yang mengerjakan akan diberikan Allah SWT istana di surga.

 مَنْ صَلَّى الضُّحَى اِثْنَتَي عَشْرَةَ رَكْعَةً بَنَى اَللَّهُ لَهُ قَصْرًا فِي الْجَنَّةِ)  رواه الترمذي)

Artinya :“Barang siapa shalat Dhuha 12 rakaat, Allah akan membuatkan untuknya istana di surga”. (HR. Tarmidzi dan Abu Majah)
 
2. Diampuni Dosanya
Allah SWT akan mengampuni umat-Nya yang mengerjakan shalat Dhuha di pagi harinya. Hal itu sesuai dalam hadist Rasulullah riwayat Tirmidzi bahwa, Rasulullah SAW bersabda:

قاَلَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : مَنْ حَافَظَ عَلَى شُفْعَةٍ الضُّحَى غُفِرَلَهُ ذُنُوْبَهُ وَ اِنْ كَانَتْ مِثْلُ زَبَدِ الْبَخْرِ (رواه الترمذي)

Artinya : “Rasulullah SAW bersabda: barang siapa yang dapat mengamalkan shalat Dhuha dengan langgeng, akan diampuni dosanya oleh Allah, sekalipun dosa itu sebanyak buih di lautan”. (HR. Turmudzi)
 
3. Mencegah Penyakit
Setiap gerakan shalat memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh yang tak terhingga, bahwa gerakan sholat dapat mengurangi, dan bahkan dapat mencegah penyakit jantung. “Setiap penyimpangan dari gerakan shalat akan mengubah fungsi dan manfaat yang ada, dan dalam syariat, hal itu tidak dibenarkan.” Dikutip dari buku ‘Berkah Shalat Dhuha’ karya M Khalilurrahman Al Mahfani, seorang profesor medis Dr Ha Ali Saboe dan Prof Dr Vanshreber
4. Manfaat Shalat Dhuha Membuka Pintu Rezeki
Allah akan mencukupkan rezeki bagi mereka yang mengawali pekerjaan dengan mengerjakan shalat Dhuha

قاَلَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : يَقُوْلُ اللهُ عَزَّ وَ جَلَّ يَا بْنَ اَدَمَ لَا تـُعْجِزُ نيِ مِنْ اَرْبَعِ رَكَعَاتٍ فيِ اَوَلِ نَهَارِكَ اكْفِكَ اَخِرَهُ ( رواه أحمد)

Artinya: “Wahai anak Adam, janganlah engkau merasa lemah dari empat rakaat dalam mengawali harimu, niscaya Aku (Allah) akan menyukupimu di akhir harimu.” (HR. Ahmad)
 
5. Sedekah untuk Tubuh
Nabi Muhammad SAW menganggap bahwa seluruh ruas tulang tubuh kita harus disedekahkan dengan cara membaca tasbih, (Subhanallah), Tahmid (Alhamdulillah), Tahili (La ilaha illa Allah) dan Takbir (Allahu Akbar), bahwa bersedekah untuk setiap ruas ulang badan kita setiap hari yaitu cukup dengan menegakkan sholat sebanyak 2 rakaat.

عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ يُصْبِحُ عَلَى كُلِّ سُلَامَى مِنْ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ فَكُلُّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةٌ وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ وَنَهْيٌ عَنْ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنْ الضُّحَى

Nabi shollallahu ’alaih wa sallam bersabda: “Hendaklah masing-masing kamu bersedekah untuk setiap ruas tulang badanmu pada setiap pagi. Sebab tiap kali bacaan tasbih itu adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kepada yang ma’ruf adalah sedekah, mencegah yang mungkar adalah sedekah. Dan sebagai ganti dari semua itu, maka cukuplah mengerjakan dua rakaat sholat dhuha.”(HR. Muslim)
 
6. Shalatnya Orang yang Kembali Taat
Dalam hadist riwayat Ibnu Khuzaimah, Dari Abu hurairah radhiyallahu ‘anhu ia berkata bahwa Rasullullah SAW bersabda:

لاَ يُحَافَظُ عَلَى صَلاَةِ الضُّحَى إِلاَّ أَوَابٌ وَهِيَ صَلاَةُ الأَوَابِيْنَ

Artinya “Tidaklah menjaga sholat sunnah Dhuha melainkan awwab (orang yang kembali taat). inilah sholat awwabin” (HR. Ibnu Khuzaimah)

Baca Juga : Lakukan Shalat Malam Jika Ingin Hajat Terkabul, Tahajud Solusinya
Sumber