Suatu Rahmat Ketika Hujan Turun, Begini Doanya
30 Januari 2024
BAITULLAH.CO.ID – Kita sebagai orang Indonesia memiliki dua musim dalam satu tahun, musim panas dan musim hujan. Terkadang kedua musim tersebut panjang bisa sangat berdampak bagi kita sebagai makhluk hidup, akan tetapi turunnya sebuah hujan ini adalah Rahmat dari Allah SWT.

Sebagaimana Rasulullah SAW mengajarkan untuk membaca doa ketika sedang turun hujan. Terdapat beberapa doa yang bisa dipanjatkan agar hujan yang turun ini membawa keberkahan dan tidak merusak lingkungan atau menimbulkan bencana.

Baca Juga : Amalkan 4 Doa ini Agar Husnul Khatimah

Hujan termasuk nikmat dan Rahmat dari Allah SWT yang dilimpahkan kepada ciptaan-Nya, sebagaimana Allah SWT berfirmasn dalam Al-Quran Surat An-Nahl, yang berbunyi,

هُوَ الَّذِيْٓ اَنْزَلَ مِنَ السَّمَاۤءِ مَاۤءً لَّكُمْ مِّنْهُ شَرَابٌ وَّمِنْهُ شَجَرٌ فِيْهِ تُسِيْمُوْنَ

Artinya: "Dialah yang telah menurunkan air (hujan) dari langit untuk kamu. Sebagiannya menjadi minuman dan sebagiannya (menyuburkan) tumbuhan yang dengannya kamu menggembalakan ternakmu." (QS An Nahl: 10)

Dan Allah SWT juga berfirman,

اَمَّنْ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ وَاَنْزَلَ لَكُمْ مِّنَ السَّمَاۤءِ مَاۤءً فَاَنْۢبَتْنَا بِهٖ حَدَاۤىِٕقَ ذَاتَ بَهْجَةٍۚ مَا كَانَ لَكُمْ اَنْ تُنْۢبِتُوْا شَجَرَهَاۗ ءَاِلٰهٌ مَّعَ اللّٰهِ ۗبَلْ هُمْ قَوْمٌ يَّعْدِلُوْنَ ۗ

Artinya: "Apakah (yang kamu sekutukan itu lebih baik ataukah) Zat yang menciptakan langit dan bumi serta yang menurunkan air dari langit untukmu, lalu Kami menumbuhkan dengan air itu kebun-kebun yang berpemandangan indah (yang) kamu tidak akan mampu menumbuhkan pohon-pohonnya? Apakah ada tuhan (lain) bersama Allah? Sebenarnya mereka adalah orang-orang yang menyimpang (dari kebenaran)." (QS An Naml: 60)

Berikut Doa Ketika Turun Hujan

  1. Doa meminta turun hujan yang berkah
اللَّهُمَّصَيِّباًنَافِعاً
Artinya: "Ya Allah, turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat."

  1. Doa meminta turun hujan yang lebat
اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ
Artinya: “Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turunkanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah, dan tempat tumbuhnya pepohonan.”

Baca Juga : Mengenal Multazam, Tempat Mustajab untuk Berdoa di Tanah Suci

  1. Doa saat turun hujan angin dan kncang
اَللهُمَّ إِنِّيْ أَسْئَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيْهَا وَخَيْرَمَا اُرْسِلَتْ بِهِ وَاَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّمَا فِيْهَا وَشَرِّمَا اُرْسِلَتْ بِهِ
Artinya: “Ya Allah, saya memohon kepada-Mu kebaikan angin ini, kebaikan yang ada di dalamnya, dan kebaikan yang Engkau kirim bersamanya. Dan saya berlindung kepada-Mu dari kejahatan angin ini, kejahatan yang ada di dalamnya, dan kejahatan yang Engkau kirim bersamanya.”

  1. Doa saat turun hujan dan petir
سُبْحَانَ الَّذِي يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمْدِهِ وَالْمَلَائِكَةُ مِنْ خِيفَتِهِ
Artinya: “Maha Suci Allah yang dengan memuji-Nya bertasbillah halilintar dan juga para malaikat karena takut kepadaNya.”
Sumber