Ingin Glowing, Ikuti Tips Ini! Islam Mengajurkan
12 Februari 2024
BAITULLAH.CO.ID – Siapa yang ingin memiliki wajah yang glowing? Ya kita semua pasti menginginkannya, selain enak untuk dipandang tentu muka glowing ini bisa meningkatkan rasa percaya diri kita. Bagi umat Muslim, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencerahkan kulit menurut Islam yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Kulit cerah dan muka glowing ini identik dengan kecantikan, terutama para kaum hawa. Cantik menurut Islam bukan hanya sekedar fisik, tetapi tentang jiwa dan hati. Sebagaimana doa yang selalu Rasulullah SAW ucapkan ketika hendak bercermin sebagai berikut:

اَلْحَمْدُ ِللهِ كَمَا حَسَّنْتَ خَلْقِىْ فَحَسِّـنْ خُلُقِىْ
Artinya: "Segala puji bagi Allah, Ya Allah, sebagaimana Engkau telah memperindah rupaku, maka perindah pulalah akhlakku." (HR. Ahmad)

Mempercantik diri memang disunnahkan dalam Islam, sebab Allah SWT itu Maha Indah dan mencintai keindahan, sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

"Sesungguhnya Allah itu indah dan mencintai keindahan." (HR. Muslim)

Baca Juga : Rasulullah SAW Tidak Suka 3 Warna Ini, Berikut Alasannya yang Perlu Diketahui!

Berikut tips cantik ala Islam, yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari

1. Rajin Berwudu

Wudu adalah salah satu syarat sahnya salat kita, dinamakan wudu karena membersihkan dan mensucikan anggota badan tertentu dengan air bersih yang mengalir untuk menghilangkan hadas kecil. Selain sebagai penyempurna ibadah, air wudu juga bisa mencerahkan kulit wajah.
Tidak hanya bisa untuk mencerahkan kulit wajah, air wudu juga bisa sebagai pengugur dosa, sebagaimana Abu Hurairah yang mendengar Rasulullah SAW bersabda:

"Sesungguhnya umatku dipangggil pada hari kiamat dalam keadaan ghurran muhajjilin, yaitu wajah yang bercahaya dan badannya bersinar karena bekas wudu. Maka barangsiapa mampu memanjangkan ghurran, hendaklah melakukannya." (HR. Bukhari dan Muslim)

2. Salat Tahajud

Salat tahajud adalah salat sunnah yang dikerjakan pada sepertiga malam saat orang-orang sedang tertidur lelap. Salat tahajud tidak hanya untuk dikabulkannya doa-doa saja, tetapi juga bisa memancarkan aura wajah. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda:

"Barang siapa yang banyak menunaikan salat malam, maka wajahnya akan terlihat tampan atau cantik di siang harinya." (HR. Ibnu Majah)

Baca Juga : Ketahui Perbedaan Haji dan Umrah, Mana yang Harus Didahulukan?


3. Akhlak yang Baik

Ingin memiliki wajah yang cantik tanpa harus mengeluarkan banyak biaya, kalian harus memiliki akhlak yang baik. karena kecantikan itu terbentuk dari kebaikan hati dan segala perbuatan yang baik. lakukanlah hal-hal yang baik, agar aura wajah kita terpancar dari dalam, sebagaimana dijelaskan dalam beberapa Riwayat hadits berikut:

"Ya Allah, sebagaimana Engkau telah memperindah ruoaku, maka perindah pulalah akhlakku." (HR Ahmad)

“Sesungguhnya Allah itu indah dan mencintai keindahan, menyukai kedermawanan dan akhlak yang mulia serta membenci akhlak yang rendah (hina).” (HR. Bukhari dan Muslim)

Berikut itu adalah beberapa tips yang bisa dicoba, selain tidak mengeluarkan biaya tips ini memberikan banyak manfaat pada diri sendiri dan tentunya menambah pahala. Semoga kita bisa istiqomah dalam mengerjakan kebaikan
Sumber