Rasulullah SAW Tidak Suka 3 Warna Ini, Berikut Alasannya yang Perlu Diketahui!
09 Februari 2024
BAITULLAH.CO.ID – Setiap orang pasti mempunyai warna yang disukai dan yang tidak disukai, sama seperti Rasulullah SAW menyukai warna tertentu, namun ada juga warna-warna yang tidak disukai oleh beliau. Kira- kira warna apa saja ya?

Dikutip dari detikHikmah, Jumat (9/2/2024) mengutip e-book Fattabiuni: Ikuti Sunnahku karya Muhammad bin Abdurrahman, Rasulullah SAW tidak suka warna merah, kuning, dan jingga bagi kaum laki-laki.

Baca Juga : Ketahui Perbedaan Haji dan Umrah, Mana yang Harus Didahulukan?

1. Merah

Warna pertama yang tidak disukai oleh Rasulullah SAW adalah warna merah, alasannya Rasulullah SAW tidak menyukai warna ini adalah warna merah pada masa jahiliyah sering digunakan untuk kekuasaan, permusuhan dan peperangan. Sedangkan agama Islam adalah agama perdamaian dan kasih sayang, bukan agama yang mengajarkan kekerasa, kekuasaan ataupun pertumpahan darah.

Dan dalam ajaran agama Islam, warna merah juga sering dikaitkan dengan keinginan duniawi dan godaan setan. Oleh karena itu, Rasulullah menyarankan umatnya untuk menghindari pemakaian warna merah dalam berpakaian atau perlengkapan sehari-hari.

2. Kuning

Suatu hari Rasulullah SAW mengenakan pakaian yang dicelup warna kuning. Kemudian, beliau bersabda, “Apakah ibumu yang memerintahkanmu untuk mengenakan pakaian ini?” Abdullah bin Amr bin ‘Ash, menjawab, “Apakah aku harus mencuci keduanya?” Kemudian Rasulullah menjawab, “Tidak, tapi keduanya harus dibakar,” (HR. Muslim).

Dalam hadis Muslim lainnya dikatakan bahwa “Sesungguhnya pakaian yang dicelup dengan warna kuning adalah pakaian orang kafir, maka janganlah kamu memakainya lagi,” (HR. Muslim).

Baca Juga : Hadits Tentang Isra’Mi’raj

3. Jingga

Nabi Muhammad SAW pernah berkata warna jingga adalah pakaian orang kafir, maka hindari daripada memakai warna tersebut.
Selain itu, Muslim meriwayatkan bahawa Ali pernah berkata, Rasulullah melarang mereka memakai pakaian berwarna jingga. Di sini, diketahui pakaian tersebut hanya dicelup dengan pewarna merah. Ini bermakna oren adalah sama dengan kuning kemerahan.

Malah dalam sebuah hadis riwayat Abu Dawud ada menyatakan bahawa ketika itu para sahabat menemani Nabi dalam perjalanan yang jauh. Dia melihat haiwan yang mereka tunggangi ditutup dengan kain yang mengandungi benang merah.
Rasulullah SAW juga bersabda, “Ingatlah, aku rasa warna merah membuatmu sakit.”
Sumber