Sebelum Berangkat, Kamu Harus Tahu Larangan saat Ibadah Umroh & Haji Berikut ini
09 Januari 2023
Baitullah.co.id - Untuk sobat yang berencana untuk menunaikan ibadah Umroh atau Haji, tentu ingin ibadah yang mabrur dan khusyuk.

Dan, agar bisa menjalankan ibadah Haji dan Umroh dengan baik, Anda perlu memahami peraturan serta larangan-larangan dalam menunaikan ibadah Umroh atau Haji.

Berikut ulasan Larangan pada saat ibadah Haji dan Umroh yang perlu dihindari agar ibadahmu bisa menjadi mabrur.

Larangan untuk Jemaah Pria

Ihram merupakan pakaian wajib saat menjalankan ibadah Umroh dan Haji, dan jamaah pria dilarang untuk menggunakan pakaian yang memiliki jahitan (dijahit) dan juga mengikuti lekuk tubuh. Jemaah juga dilarang menggunakan kaos ataupun pakaian dalam yang biasanya gunakan sehari-hari.

Saat sedang ber-ihram, jamaah juga dilarang untuk menggunakan alas kaki yang menutupi mata kaki serta penutup kepala seperti topi dan sejenisnya.

Larangan untuk Jamaah Wanita:
Meskipun jamaah wanita diwajibkan mengenakan busana yang menutupi aurat ketika menjalankan ibadah haji dan umroh, penggunaan sarung tangan atau apapun yang menutupi telapak tangan juga dilarang.

Selain tidak boleh menggunakan sarung tangan, jamaah wanita juga disarankan untuk tidak menutupi bagian wajah sehingga penggunaan cadar selama menjalankan ibadah haji atau umroh juga tidak diperbolehkan.

Setiap jamaah yang telah ber-ihram dilarang menggunakan wewangian atau parfum. Namun, jika parfum atau wewangin digunakan sebelum ihram masih diperbolehkan. Selain wewangian, minyak rambut juga dilarang untuk digunakan.
Mencabut bulu atau memotong kuku juga dilarang selama ber-ihram.

Dilarang mengganggu serta memburu binatang saat berihram.
Merusak, mengukir, menyayat, atau memotong pepohonan juga merupakan tindakan yang tidak diperbolehkan. Jamaah juga tidak diperbolehkan merusak apalagi sampai mencabut tanaman.

Jamaah juga dilarang melamar, menikah, dan bersaksi atas pernikahan seseorang pada saat ber-ihram.

Bercumbu, bermesraan, hingga melakukan hubungan suami-istri dilarang pada saat ber-ihram.

Selama menjalankan ibadah Haji atau Umroh, semua jamaah disarankan untuk manjaga tutur kata dan menghindari mengucapkan kata-kata kasar, kotor, cacian hingga bertengkar dengan jamaah atau orang lain.

Itulah beberapa peraturan dan larangan pada saat menunaikan ibadah Umroh ataupun Haji yang harus Anda  taati agar ibadah dapat berjalan dengan baik dan juga mabrur.
Sumber