Doa Awal Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H dan Artinya
02 Juli 2024
BAITULLAH.CO.ID – Pada momen pergantian tahun baru Islam, ada doa yang bisa dibaca untuk memohon keberkahan dari Allah SWT sepanjang tahun. Muharram, sebagai bulan pertama dalam kalender Islam, adalah saat yang tepat untuk memanjatkan doa-doa ini.

Baca Juga: Puasa Tasua dan Asyura, Keistimewaan dan Perbedaannya di Bulan Muharram

Di Indonesia, 1 Muharram 1446 H diperkirakan jatuh pada 7 Juli 2024.

Mengutip dari buku "Mengenal Nama Bulan dalam Kalender Hijriyah" karya Ida Fitri Shohibah, dijelaskan bahwa kata Muharram berasal dari bahasa Arab "Harrama-Yuharrimu-Tahriiman-Muharrimun-wa-Muharramun," yang artinya "diharamkan." Bulan ini dianggap suci dan terhormat, dan umat Islam dilarang berperang selama bulan ini.

Sebelum Islam datang, masyarakat Jahiliyah sudah menganggap Muharram sebagai bulan suci. Setelah Islam datang, bulan ini tetap dimuliakan, namun kebiasaan-kebiasaan yang tidak sesuai dengan ajaran Islam ditinggalkan.
 

Doa Awal Tahun Baru Islam Arab, Latin, dan Artinya

Berdasarkan informasi dari laman Majelis Ulama Indonesia (MUI), ada doa yang dapat dibaca saat memasuki tahun baru Islam. Doa ini bisa dilafalkan pada 1 Muharram 1446 H.

Mengacu pada kitab Al-Jami' Al-Kabir karya Imam As-Suyuthi, berikut doa awal tahun yang telah ditambahkan lafadz shalawat di awal kalimat oleh Mufti Batavia, Habib (Sayyid) Utsman bin Yahya.
 
Doa Awal Tahun
اَللّهُمَّ أَنْتَ الْأَبَدِيُّ الْقَدِيْمُ الْأَوَّلُ، وَعَلَى فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ الْمُعَوَّلِ. وَهَذَاعَامٌ جَدْيُدٌ قَدْ أَقْبَل. أَسْأَلُكَ الْعِصْمَةَ فِيْهِ مَنَ الشْيْطَانِ وَأَوْلِيَائِهِ، وِالْعَوْنَ عَلَى هَذه النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالْاشْتِغَالِ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى، يَا ذَا الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ وَصَلَّي اللهُ عَلَي سَيّدِنَا مُحَمّدً وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِه وَسَلَّم

"Allahumma antal-abadiyyul-qadiimul-awwal. Wa 'alaa fadhlikal-'azhimi wujuudikal-mu'awwal. Wa haadzaa 'aamun jadiidun qad aqbal. Nas'alukal 'ishmata fiihi minasy-syaithaani wa auliyaa-ihii wa junuudihii. Wal'auna 'alaa haadzhihin-nafsil-ammarati bis-suu-i. Wal-isytighaala bimaa yuqorribuni ilaika zulfa. Yaa dzal-jalaali wal-ikraam. Wa shallallaahu 'alaa sayyidina Muhammadin wa 'alaa 'aalihi wa shahbihii wa sallam."
 
Artinya: "Ya Allah Engkaulah yang abadi, dahulu, lagi awal. Dan hanya kepada anugerah-Mu yang Agung dan Kedermawanan-Mu perlindungan dalam tahun ini dari godaan setan, kekasih-kekasihnya dan bala tentaranya, dan kami memohon pertolongan untuk mengalahkan hawa nafsu amarah yang mengajak pada kejahatan, agar kami sibuk melakukan amal yang dapat mendekatkan diri kami kepada-Mu wahai Dzat yang memiliki Keagungan dan kemuliaan. Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW, dan ke atas para keluarga dan sahabatnya."
 
Doa Akhir Tahun
Sehari sebelumnya, pada akhir Dzulhijjah, umat Islam dapat membaca doa akhir tahun. Berikut doanya:

اَللّهُمَّ مَا عَمِلْتُ فِيْ هذِهِ السَّنَةِ مِمَّا نَهَيْتَنَيْ عَنْهُ وَ لَمْ تُرُضِهِ وَ نَسِيْتَهُ وَ لَمْ تَنْسَهُ وَ حَلَمْتَ عَلَيَّ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَي عُقُوْبَتِيْ وَ دَعَوْتَنِيْ اِلَي التَّوْبَةِ بَعْدَ جُرْأَتِيْ عَلَى مَعْصِيتَكَ اَللّهُمَّ فَاِنِّيْ اسْتَغْفِرُكَ فَاغْفِرْ لِيْ وَ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ تَرْضَاهُ وَوَعَدتْنِي الثَّوَابَ فَاَسْاَلُكَ اللّهُمَّ يَا ذَا الْجُوْدِ وَالْكَرَمِ اَنْ تَقْبَلَهُ مِنِّي وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِيْ مِنْكَ وَصَلَّي اللهُ عَلَي سَيّدِنَا مُحَمّدً وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِه وَسَلَّم

"Allahumma maa 'amiltu fi haadzhis-sanati mimmaa nahaitanii 'anhu falam atub minhu wa lam tardhahu wa lam tansahu wa halamta 'alayya ba'da qudratika 'alaa uquubatii wa da'autanii ilat taubati ba'da jur-atii alaa ma'syiyatika, Allahumma fa inni astagfiruka fagfirlii wa maa 'amiltu fiihaa mimma tardhaahu wa wa'adtanitsawaaba fas'alukallahumma yaa kariimu yaa dzal judi wal karami an tataqabbalahuu minnii wa laa taqtha' rajaaii minka yaa kariim. wa shallalahu 'alaa sayyidinaa Muhammadin wa 'alaa 'aalihii wa sahbihii wa sallam."
 
Artinya: "Ya Allah, segala yang telah ku kerjakan selama tahun ini dari apa yang menjadi larangan-Mu, sedang kami belum bertaubat, padahal Engkau tidak melupakannya dan Engkau bersabar, yang sesungguhnya Engkau berkuasa memberikan siksa untuk saya, dan Engkau sudah mengajak saya untuk bertaubat sesudah saya maksiat. Karena itu ya Allah saya mohon ampunan-Mu dan berilah ampunan kepada saya dengan kemurahan-Mu. Segala yang telah saya kerjakan selama tahun ini, berupa amal perbuatan yang Engkau ridhai dan Engkau janjikan akan membalasnya dengan pahala, saya mohon kepada-Mu, wahai Dzat yang Maha Pemurah. Dan semoga Allah memberikan rahmat dan kesejahteraan atas junjungan kami Muhammad, Nabi yang Ummi dan ke atas keluarga dan sahabatnya."
 

Hukum Membaca Doa Akhir dan Awal Tahun Baru Islam

Meskipun tidak ada dalil spesifik dalam Al-Qur'an atau hadits yang menyebutkan keharusan membaca doa akhir dan awal tahun baru Islam, membaca doa pada momen ini tetap dianjurkan sebagai bentuk ibadah.

Firman Arifandi dalam buku "Menjawab Hujatan Musiman untuk Hajatan Musiman" menjelaskan bahwa dalil tidak selalu harus eksplisit dalam Al-Qur'an dan sunnah. Membaca doa, meski tidak ada landasannya secara eksplisit, sah dilakukan berdasarkan dalil umum anjuran berdoa.
 
Allah SWT berfirman dalam surat Ghafir ayat 60:

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُوْنِيْٓ اَسْتَجِبْ لَكُمْ ۗاِنَّ الَّذِيْنَ يَسْتَكْبِرُوْنَ عَنْ عِبَادَتِيْ سَيَدْخُلُوْنَ جَهَنَّمَ دَاخِرِيْنَ ࣖ ٦٠

Artinya: "Tuhanmu berfirman, 'Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri tidak mau beribadah kepada-Ku akan masuk (neraka) Jahanam dalam keadaan hina dina.'"
 
Selain itu, Rasulullah SAW bersabda:

يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَ
 
ّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ يَقُولُ مَنْ يَدْعُونِى فَأَسْتَجِيبَ لَهُ مَنْ يَسْأَلُنِى فَأُعْطِيَهُ مَنْ يَسْتَغْفِرُنِى فَأَغْفِرَ لَهُ

Artinya: "Rabb kita tabaroka wa ta'ala turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lantas Dia berfirman: 'Siapa saja yang berdoa kepada-Ku, maka akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku, maka akan Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepada-Ku, maka akan Aku ampuni.'" (HR Bukhari dan Muslim)

Baca Juga: Hari Kiamat dan Hari Jumat dalam Hadits
 
Dari dalil-dalil ini, dapat disimpulkan bahwa doa yang berisi permohonan baik kepada Allah SWT diperbolehkan, bahkan dianjurkan.
Sumber
Detikhikmah