Ketua Komisi VIII Puji Penyelenggaraan Haji 2024
12 Agustus 2024
BAITULLAH.CO.ID – Penyelenggaraan ibadah haji 1445 H/2024 M mendapatkan pujian luas, termasuk dari Ketua Komisi VIII DPR, Ashabul Kahfi. Pujian ini disampaikan dalam Rapat Kerja Nasional di Jakarta pada 7-10 Agustus 2024. Ashabul Kahfi mengungkapkan kepuasan terhadap pelaksanaan haji tahun ini yang dinilai sangat positif.

Baca Juga: Kisah Abu Bakar Mendapat Julukan Ash-Shiddiq dan Al-’Atiq

Namun, Ashabul Kahfi juga mencatat adanya beberapa kritik, yang dianggap wajar karena kesempurnaan mutlak sulit dicapai. Ia menekankan pentingnya menyikapi kritik secara konstruktif untuk perbaikan di masa depan.

Menurutnya, menyelenggarakan ibadah haji bukanlah tugas yang mudah, terutama dengan jumlah jemaah yang mencapai 241.000 orang di Makkah dan Madinah. Kesulitan ini memerlukan perencanaan yang cermat dan penanganan yang efektif.

Ashabul Kahfi juga mencontohkan masalah tak terduga dalam penerbangan, seperti delay panjang, yang mengakibatkan situasi yang kurang ideal.
 
Di akhir acara, Ashabul Kahfi dan Komisi VIII menyampaikan penghargaan tinggi kepada semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan haji tahun ini. Hadir pula dalam acara tersebut Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, serta berbagai pejabat dan staf Kemenag.

Baca Juga: Selebgram Nge-pods di Madinah, Pahami Adab dan Aturan Saat di Tanah Suci
Sumber
Detikhikmah