Kalimat Tasbih, Tahmid, dan Takbir Dibaca 33 kali Setelah Salat Fardhu
25 September 2024
BAITULLAH.CO.ID – Setelah salam dalam salat fardhu bisa juga membaca dzikir setelah atau sebelum berdoa. Salah satu amalan sunnah yaitu membaca tiga macam dzikir sebnayak 33 kali, dzikir tersebut adalah tasbih, tahmid, dan takbir.

Baca Juga: Apakah Ada Orang Tua yang Durhaka? Begini Pandangan Islam

Syaikh Abd Al-Razaq Al-Badr menyebutkan dalam bukunya yang berjudul Zikir dan Doa dalam Tuntunan Al-Kitab dan Al-Sunnah, bahwasannya para ulama sepakat bahwa berdzikir setelah salat fardu adalah sunnah. Selain kalimat tasbih, hamid, dan takbir, istighfar juga diutamakan dilakukan sebanyak 3 kali setelah salat fardhu.
 
Rasulullah SAW mengajarkan dzikir ini sebagai bentuk ibadah yang memiliki banyak keutamaan. Salah satu hadis yang menunjukkan pentingnya dzikir setelah salat fardhu adalah:

Dari Abu Hurairah RA berkata, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda,

مَنْ سَبَّحَ اللهَ فِي دُبُرِ كُلِّ صَلَاةٍ ثَلَاثًا وَثَلَاثِينَ، وَحَمِدَ اللَّهَ ثَلَاثًا وَثَلَاثِينَ، وَكَبَّرَ اللَّهَ ثَلَاثًا وَثَلَاثِينَ، فَتْلِكَ تِسْعَةٌ وَتِسْعُونَ، وَقَالَ: تَمَامَ الْمِائَةِ: لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ غُفِرَتْ خَطَايَاهُ وَإِنْ كَانَتْ مِثْلَ زَبَدِ الْبَحْرِ . (رواه مسلم)
Artinya: "Barang siapa yang bertasbih sebanyak 33 kali, bertahmid sebanyak 33 kali, dan bertakbir sebanyak 33 kali setelah melaksanakan sholat fardhu sehingga berjumlah 99 kali, kemudian menggenapkannya untuk yang keseratus dengan ucapan:
 
لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ
Tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah, tidak ada sekutu bagi-Nya. Hanya milik-Nya kekuasaan, dan untuk-Nya pujian dan Dia Maha berkuasa di atas segala sesuatu. Maka kesalahannya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan." (HR Muslim)
 

Dzikir setelah Sholat Fardhu

Berikut adalah bacaan dzikir yang disunnahkan dibaca setelah sholat fardhu masing-masing sebanyak 33 beserta Arab, latin, dan artinya.

1. Tasbih (Subhanallah) 33 Kali
سُبْحَانَ الله
Subhaana Allah
Artinya: "Maha Suci Allah."

 
2. Tahmid (Alhamdulillah) 33 Kali
الْحَمْدُ للهِ
Alhamdulillah
Artinya: "Segala puji bagi Allah."


3. Takbir (Allahuakbar) 33 Kali
اللَّهُ أَكْبَرُ
Allahu Akbar
Artinya: "Allah Maha Besar."


Keutamaan Dzikir setelah Sholat Fardhu


Melaksanakan dzikir setelah salat fardhu dengan menghitung "Subhanallah" 33x, "Alhamdulillah" 33x, dan "Allahu Akbar" 34x adalah amalan yang sangat dianjurkan dan memiliki banyak keutamaan.

1. Penghapus Dosa
Seperti yang disebutkan dalam hadits diatas “Maka kesalahannya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan.” Dengan berdzikir kita diberikan kesempatan untuk memperbaiki diri dan kembali kepada Allah SWT dalam keadaan bersih.

2. Meningkatkan Ketaqwaan
Dengan berdzikir, hati kita akan lebih tenang dan lebih dekat dengan Allah SWT.

3. Meningkatkan Kesadaran
Membaca dzikir selepas salat fardhu membantu kita untuk selalu ingat kepada Allah SWT, sehingga kita lebih waspada terhdap perbuatan dan ucapan kita.

Baca Juga: Surga Wanginya Tercium dari Jarak Ribuan Tahun Perjalanan, Berikut Haditsnya
 
Semoga kita semua dapat menjadikan dzikir ini sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari agar senantiasa ingat kepada Allah SWT dan melakukan banyak kebaikan.
Sumber