Doa Dimudahkan Segala Urusan
06 Februari 2024
BAITULLAH.CO.ID – Pasti kita ingin segala sesuatu yang kerjakan berakhir baik dengan hasil yang memuaskan. Islam selalu mengingatkan kepada umatnya untuk selalu memohon pertolongan kepada Allah SWT, saat dalam keadaan apapun termasuk kesulitan.

Jika ingin dimudahkan segala urusan kita, ada sejumlah doa yang dapat diamalkan agar diberikan kemudahan oleh Allah SWT, baik itu urusan dunia maupun akhirat.

Baca Juga : Ingin Lancar Rezeki? Coba Amalkan 3 Doa Ini

1. Doa Nabi Musa
Salah satu doa yang bisa diamalkan adalah doa Nabi Musa, do aini pernah dipanjatkan oleh Nabi Musa As kepada Allah SWT. Doa ini diamalkan oleh Nabi Musa As pada saat tengah berhadapan dengan Firaun. Nabi Musa menerima banyak rintangan, sehingga beliau meminta pertolongan kepada Allah SWT. Doanya sebagai berikut :

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Artinya: "Ya Tuhan, lapangkanlah dadaku, mudahkanlah segala urusanku dan lepaskanlah kekakuan lidahku agar mereka mengerti perkataanku." (Q.S Thaha ayat 25-28)

Doa diatas mengandung tiga permintaan:

Pertama, memohon agar diangkat rasa susah yang mmenyesakkan dada.
Kedua, beliau memohon agar Allah SWT melenyapkan segala macam kesulitan yang sedang dihadapi
Ketiga, beliau memohon kelancaran dalam bertutur kata sehingga mudah diterima dan dipahami oleh pendengarnya.

2. Doa yang Diajarkan Rasulullah SAW
Selain doa tersebut, kaum muslimin juga bisa membacakan doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. sebagaimana diriwayatkan Anas bin Malik:

اَللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الْحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

Artinya: "Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan) jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah."

3. Doa Dalam Surat Al-Kahfi
Selain kedua doa di atas, bisa juga mengamalkan do aini agar dimudahkan dalam segala urusan. Doa ini dapat ditemukan dalam Al-Quran surat Al-Kahfi ayat 10,

اِذْ اَوَى الْفِتْيَةُ اِلَى الْكَهْفِ فَقَالُوْا رَبَّنَآ اٰتِنَا مِنْ لَّدُنْكَ رَحْمَةً وَّهَيِّئْ لَنَا مِنْ اَمْرِنَا رَشَدًا

Artinya: "Wahai Tuhan kami berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami."
 
Itulah beberapa doa yang bisa diamalkan agar diberikan kemudahan dalam segala urusannya.

Baca Juga : Bagaimana Hukum Umrah karena Nadzar, sunnah atau menjadi wajib?
 
Sumber
Baznas