Merapat Untuk Jemaah yang Sedang Melaksanakan Ibadah Umrah, Berikut Tips Buka Puasa di Depan Ka’bah
18 Maret 2024
BAITULLAH.CO.ID – Melaksanakan ibadah umrah pada bulan suci Ramadhan tentu menjadi idaman kaum muslim, apalagi jika berbuka puasa dengan pemandangan ka’bah tentu ini menjadi Impian banyak kaum muslim yang sedang melaksanakan ibadah umrah di Tanah Suci. Banyaknya permintaan Jemaah yang umrah di bulan suci, tentu ini menjadi peluang untuk para travel umrah, namun banyaknya Jemaah umrah di bulan suci ini menjadi tantangan tersendiri.

Sebab tidak mudah untuk mencapai pelantaran Ka’bah di bulan suci Ramadhan ini. Ribuan bahkan jutaan Jemaah umrah akan berebut untuk bisa beribadah di tempat atau di depan Ka’bah, termasuk pada saat berbuka.

Baca Juga: Dibaca Sebelum atau Sesudah Minum, Doa Buka Puasa?

Berikut tips yang bisa dilakukan agar bisa berbuka puasa di depan Ka’bah, melansir dari detikhikmah.

1. Kenakan kain ihram
Sejak pascapandemi COVID-19, pemerintah Arab Saudi menerapkan aturan bahwa hanya Jemaah Perempuan dan laki-laki yang menggunakan kain ihram yang diizinkan beribadah hingga pelantaran Ka’bah. Tips ini bisa kalian lakukan, menggunakan kain ihram jika ingin berbuka puasa di depan Ka’bah, untuk Jemaah pria harus mengenakan kain ihram.
 
2. Menuju Masjdil Haram menjelang Asar
Tips ini pasti sudah banyak Jemaah yang tahu, betapa banyaknya Jemaah yang ibadah dibulan suci ini, maka harus mempersiapkan diri untuk berangkat lebih awal.

3. Tetap bertahan sampai waktu Magrib
Usahakan tetap di dalam area pelantaran Ka’bah hingga waktu atau waktu berbuka, sebab jika keluar belum tentu bisa masuk lagi.

4. Pastikan bisa menjaga wudhu sampai Magrib bahkan hingga Tarawih
Usahakan untuk bisa menjaga wudhu sampai waktu Magrib, sebab jika batal akan kesulitan untuk mengambil air wudhu lagi.

Baca Juga: Berikut Hal yang Membatalkan Puasa Ramadhan, Kamu Wajib Tahu!

Berikut tips yang bisa dilakukan agar bisa berbuka di depan ka’bah, semoga Allah SWT memberikan kita semua kesempatan untuk berkunjung ke baitullah di bulan suci Ramadhan ini, aamiin.
Sumber