Allahumma Firlii wa Liwaali Dayya Warham Humaa Kamaa Rabbayaa Nii Shaghiraa, Doa untuk Kedua Orang Tua
04 Juni 2024
BAITULLAH.CO.ID – Doa adalah salah satu bentuk ibadah yang sangat penting dalam Islam. Dalam doa, umat Muslim memohon kepada Allah SWT atas berbagai kebutuhan dan permintaan, serta memohon ampunan, rahmat, dan keberkahan. Salah satu doa yang sangat dianjurkan bagi umat Muslim adalah doa untuk orang tua.

Baca Juga: 4 Ciri Hewan yang Tidak Diperbolehkan sebagai Kurban Menurut Ajaran Islam

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا
Artinya: "Ya Allah, ampunilah aku dan kedua orang tuaku, dan kasihanilah mereka sebagaimana mereka merawatku ketika aku masih kecil."
 
Doa ini mengandung permohonan ampunan bagi diri sendiri dan juga kedua orang tua, serta memohon rahmat Allah SWT kepada mereka sebagaimana mereka merawat kita ketika masih kecil. Doa ini memperlihatkan rasa syukur atas kasih sayang dan pengorbanan orang tua selama masa kecil kita, serta memohon kepada Allah SWT agar memberikan ampunan dan rahmat kepada mereka.

Berdoa untuk kedua orang tua merupakan bagian yang sangat penting dalam ajaran Islam. Rasulullah Muhammad SAW sendiri memberikan contoh yang baik dalam berbakti kepada orang tua dan menganjurkan umatnya untuk memperlihatkan kasih sayang dan hormat kepada mereka sepanjang hayat.
 
Dalam Al-Qur'an, Allah SWT juga menegaskan pentingnya berbakti kepada orang tua. Di antara ayat-ayat yang menekankan hal ini adalah Surah Al-Israa ayat 23-24:

وَقَضَى رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوۡۤا إِلَّاۤ اِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ اِحْسَانًا​ؕ اِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ اَحَدُهُمَآ اَوْ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُلْ لَّهُمَآ اُفٍّ وَّلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَّهُمَا قَوْلًا كَرِيۡمًا

Artinya: "Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik."
 
Dalam menjalankan ajaran ini, doa Allahumma Firlii wa Liwaali Dayya Warham Humaa Kamaa Rabbayaa Nii Shaghiraa menjadi salah satu cara untuk menunjukkan rasa syukur, kasih sayang, dan penghormatan kepada orang tua. Dengan mengingat jasa dan pengorbanan mereka, serta memohon ampunan dan rahmat Allah SWT bagi mereka, kita menjalankan perintah agama dengan sebaik-baiknya.

Baca Juga: Doa dan Sunnah dalam Menyembelih Hewan Kurban

Oleh karena itu, marilah kita memperbanyak doa untuk kedua orang tua kita, baik di saat mereka masih bersama kita maupun setelah mereka meninggalkan dunia. Semoga Allah SWT senantiasa memberkahi, melindungi, dan merahmati kedua orang tua kita, serta mengabulkan segala doa yang baik bagi mereka.
Sumber