Menghadapi Ancaman Kesehatan Selama Haji, Tips dan Saran Bagi Jemaah
15 Juli 2024
BAITULLAH.CO.ID – Penyakit jantung, infeksi paru-paru, dan stroke merupakan ancaman utama bagi jemaah haji Indonesia. Oleh karena itu, dr. Kelly SpPJ, dokter spesialis jantung di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah, mengimbau para jemaah untuk menerapkan gaya hidup sehat selama berada di Kota Madinah. Hal ini penting agar mereka tetap sehat dan dapat kembali ke Tanah Air sesuai jadwal.

Baca Juga: Doa Nabi Daud untuk Meluluhkan Hati yang Keras

“Jika penyakit-penyakit tersebut tidak diantisipasi sejak awal oleh jemaah haji, bisa mengakibatkan perawatan yang lebih lama di rumah sakit, bahkan dalam kasus terburuk bisa berujung fatal,” ujar dr. Kelly kepada detikHikmah, Kamis (11/7/2024).

Dr. Kelly juga mengungkapkan bahwa mayoritas kasus kematian dan perawatan jemaah disebabkan oleh infeksi paru-paru dan penyakit jantung, disusul oleh stroke dengan persentase mencapai 70 persen. KKHI Madinah terus memberikan sosialisasi dan menggelar acara senam jantung sehat untuk para jemaah sebagai bentuk pencegahan.

“Sejak fase Armuzna (Arafah, Muzdalifah, Mina), penyakit yang paling banyak diderita jemaah adalah infeksi paru, diikuti oleh penyakit jantung,” jelas dr. Kelly.

Hingga kini, ada 44 pasien yang masih dirawat di RSAS dengan mayoritas menderita infeksi paru-paru dan penyakit jantung.

Dr. Kelly menekankan pentingnya menjaga pola makan dan asupan gizi yang seimbang. Salah satu cara yang dianjurkan adalah melakukan senam haji atau sering berjalan kaki. Aktivitas ini idealnya dilakukan 3-5 kali dalam seminggu dengan durasi sekitar 30 menit per sesi.

“Selain itu, jemaah haji juga harus menghindari rokok untuk mencegah penyakit-penyakit tersebut,” tambah dr. Kelly.
 
Berikut beebrapa Tips Menjaga Kesehatan Selama Haji, yang bisa dilakukan oleh Jemaah di Tanah Suci,

1. Senam Rutin dan Jalan Kaki: Lakukan aktivitas fisik seperti senam atau jalan kaki setidaknya 3-5 kali seminggu selama 30 menit.
2. Pola Makan Sehat: Pastikan mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang dengan asupan buah dan sayuran yang cukup.
3. Hindari Rokok: Menghindari rokok sangat penting untuk mencegah penyakit jantung dan infeksi paru-paru.
4. Hidrasi yang Cukup: Minum air putih yang cukup untuk mencegah dehidrasi, terutama dalam cuaca panas.
5. Istirahat yang Cukup: Tidur yang cukup untuk menjaga kesehatan tubuh dan pikiran.
6. Pantau Kesehatan: Rutin memeriksa kesehatan dan mengikuti petunjuk medis dari dokter.

Baca Juga: Memilih Paket dan Agen Travel Umroh yang Tepat, Berikut Tips Beserta Rekomendasinya!

Dengan menerapkan gaya hidup sehat dan mengikuti saran medis, para jemaah haji dapat menjaga kesehatan mereka selama menjalankan ibadah haji dan kembali ke Tanah Air dengan selamat.
Sumber
Detik.com